Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Hasil Survei Indikator: DPR dan Partai Politik Paling Tidak Dipercaya oleh Publik


Lensaislam.com
: Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbarunya mengenai 'Evaluasi publik atas kinerja Lembaga Negara'. Hasilnya, DPR dan Partai Politik menjadi lembaga yang paling tidak dipercaya oleh publik.

Sementara itu, posisi teratas Lembaga Negara yang paling dipercaya oleh publik ditempati oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan tingkat kepercayaan publik sebesar 95,8 persen, dengan sangat percaya (23,5 persen) dan cukup percaya (72,3 persen).

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin mengatakan bahwa tingginya kepercayaan publik terhadap TNI disebabkan oleh institusi tersebut yang tidak terlibat politik praktis.

"TNI berhasil menarik diri dari urusan politik praktis. Itulah yang menyebabkan TNI pulse, pernah di awal-awal reformasi TNI jeblok, belakangan reformasi militer memberikan insentif dipercaya publik, karena mereka tak lagi terlibat urusan day to day urusan politik," ujar Burhanuddin saat menjelaskan hasi surveinya, Ahad, 2 Juli 2023.

Di peringkat kedua ada Presiden dengan tingkat kepercayaan publik sebesar 92,8 persen. Peringkat ketiga adalah Kejaksaan Agung (Kejagung) dengan 81,2 persen.

Burhanuddin mengatakan, ini menjadi yang pertama kali bagi Kejagung yang mendapatkan kepercayaan publik di atas 80 persen. Bahkan merupakan yang tertinggi sejak survei dilakukan pada 1999.

"Menurut kami ini kali pertama Kejaksaan Agung menempati trust paling tinggi dalam sejarah. Biasanya mereka di kisaran 60-an (persen), tapi setahun terakhir konsisten di peringkat ketiga, tapi itupun belum pernah menyentuh angka 80 persen, baru kali ini 81,2 persen," ujar Burhanuddin.

Keempat adalah Polri dengan kepercayaan publik sebesar 76,4 persen. Selanjutnya adalah Komisi Pemberantasan Korupsi (75,4 persen), Majelis Permusyawaratan Rakyat (73,8 persen), dan Dewan Perwakilan Daerah (73,3 persen).

Dua terendah adalah Dewan Perwakilan Rakyat (68,5 persen) dan partai politik (65,3 persen). Jelasnya, angka tersebut relatif stabil berada di dua peringkat bawah dibandingkan dengan lembaga-lembaga lainnya.

"Tidak serendah September 2017, saat itu kepercayaan terhadap partai politik hanya 39 persen. Sekarang PR partai politik, DPR adalah bagaimana meningkatkan trustnya, minimal di atas 70 ya. Kalau 60-an itu di kampus itu nilainya masih C ya, jadi minimal 70 biar dapat B," ujar Burhanuddin.

Indikator Politik Indonesia melakukan survei pada 20 sampai 24 Juni 2023. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 responden.

Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekira 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. ***

Selengkapnya di : https://www.youtube.com/watch?v=vUYjFkcP1fE&t=1355s

Redaktur : Abu Isa Karim D | Lensaislam.com | Indonesian Islamic News Forum (IINF)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved