Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Keutamaan dan Anjuran Melaksanakan Puasa Tasu’a dan Asyura

Dianjurkan untuk berpuasa pada hari kesembilan (tasu’a) dan hari kesepuluh (asyura) di bulan muharram berdasarkan Hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu anhum, beliau berkata :

حين صام رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم عاشوراء وأمر بصيامه، قالوا يا رسول الله، إنه يوم تعظمه اليهود والنصارى، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: فإذا كان العام المقبل إن شاء الله صمنا اليوم التاسع . قال: فلم يأت العام المقبل حتى توفي رسول الله صلى الله عليه وسلم. رواه مسلم

“Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa pada hari asyura dan memerintahkan kepada kami untuk berpuasa. Kami berkata : “Ya Rasulullah, sesungguhnya hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani.” Maka Rasulullah berkata : “Apabila datang tahun depan, insya Allah kita akan berpuasa pada hari kesembilan.” Ibnu Abbas berkata : “Belum sampai tahun depan, Rasulullah sudah wafat.” (HR. Muslim)

قال الشافعي وأصحابه وأحمد وإسحاق وآخرون : يستحب صوم التاسع والعاشر جميعا ; لأن النبي صلى الله عليه وسلم صام العاشر , ونوى صيام التاسع .

Imam Syafi’i dan para sahabatnya, Ahmad, Ishaq dan yang lainnya mengatakan : “Dianjurkan untuk berpuasa pada hari kesembilan dan kesepuluh karena Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa pada hari kesepuluh dan berniat berpuasa pada hari ke sembilan.”

Apakah hikmah dianjurkannya berpuasa pada hari tasu’a dan asyura?

قال الإمام النووي رحمه الله في كتابه المجموع: “ذكر العلماء من أصحابنا وغيرهم في حكمة استحباب صوم تاسوعاء أوجهاً:

أحدها: أن المراد منه مخالفة اليهود في اقتصارهم على العاشر.

الثاني: أن المراد به وصل يوم عاشوراء بصومٍ، كما نهى أن يُصام يوم الجمعة وحده، ذكرهما الخطابي وآخرون.

الثالث: الاحتياط في صوم العاشر خشية نقص الهلال، ووقوع غلطٍ، فيكون التاسع في العدد هو العاشر في نفس الأمر”.

Imam Nawawi berkata dalam Kitab Al-Majmu’ : Para ulama dari madhzab kami dan yang lainnya menyebutkan hikmah dianjurkannya puasa tasu’a mengikuti puasa asyura adalah :

Pertama : Untuk menyelisihi orang-orang Yahudi yang hanya berpuasa pada hari ke sepuluh

Kedua : Jika hari Asyura jatuh pada hari Jumat, maka sudah diiringi dengan berpuasa satu hari sebelumnya, sebab adanya larangan berpuasa pada hari jumat saja

Ketiga : Untuk kehati-hatian jika terdapat kekeliruan dalam penetapan hilal

وأقوى هذه الأوجه هو مخالفة أهل الكتاب

Yang terkuat dari hikmah-hikmah ini adalah untuk menyelisihi Ahlul Kitab.

، قال شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله في كتابه الفتاوى الكبرى: “نهى صلى الله عليه وسلم عن التشبه بأهل الكتاب في أحاديث كثيرة مثل قوله في عاشوراء: “لئن عشت إلى قابل لأصومن التاسع”

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah : “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam melarang untuk menyerupai ahlul kitab dalam banyak hadits sebagaimana perkataan beliau tentang hari asyura : “Jika saya hidup tahun depan maka saya akan berpuasa pada hari kesembilan”. (Fatawa Al-Kubro)

Wallahu a’lam.

Sumber : ar.islamway.net, alukah.net | Disusun oleh : Abdullah D Al-Bayangi
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved