Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Umrah di Bulan Syawal Sama Seperti yang Dilakukan Rasulullah Bersama PT Murni Wisata Mandiri


Jakarta, Lensa Islam - Umrah merupakan ibadah yang dilakukan di Tanah Suci. Ibadah ini bisa dilakukan saat bulan Syawal. Hal ini pernah dicontohkan Rasulullah SAW yang semasa hidupnya melakukan umroh saat bulan Syawal.


Dalam buku Bimbingan Lengkap Haji dan Umrah karya M Syukron Maksum menjelaskan umrah menurut bahasa bermakna ziarah
(berkunjung). Sementara menurut syara', umrah adalah menziarahi Kakbah, melakukan thawaf di sekelilingnya, sa'i antara Shafa dan Marwah dan mencukur atau menggunting rambut.


Dalam buku haji dan umrah, M. Quraish Shihab menyatakan bahwa banyak ulama yang berpendapat hukum umrah seperti halnya haji yakni wajib. Akan tetapi ada sebagian ulama yang menilainya sebagai sunnah.

Seseorang boleh mengerjakan umrah di bulan-bulan haji, tanpa mengerjakan ibadah haji, alias berumrah saja. Hal ini pernah dilakukan oleh sahabat Rasulullah SAW, Umar bin Khattab. Umar pernah mengerjakan umrah di bulan Syawal, lalu kembali ke Madinah tanpa mengerjakan haji.

Rasulullah SAW juga pernah melakukan umrah di bulan Syawal.

menunaikan ibadah umrah di bulan Syawal hukumnya diperbolehkan, sebagaimana umrah di bulan-bulan lainnya. Hal ini berdasarkan salah satu riwayat yang dikutip Imam Malik bin Anas dalam salah satu karyanya, Kitab al-Muwattha',

أَنَّ النَّبِي صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَعْتَمِرْ إِلَّا ثَلاَثَ عُمَرٍ إِحْدَاهُنَّ فِي شَوَّالٍ وَاثْنَيْنِ فِي ذِيْ الْقَعْدَةِ

Artinya, "Sungguh Nabi Muhammad SAW tidak umrah kecuali tiga kali umrah, satu kali di bulan Syawal, dan dua kali di bulan Dzulqa'dah." (HR Malik).

Dalam riwayat Sayyidah Aisyah ra juga disebutkan bahwa Nabi pernah melangsungkan umrah di bulan Syawal,

عَنْ عَائِشَةَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهَا: أَنَّ النَّبِىَّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اعْتَمَرَ عُمْرَتَيْنِ فِى ذِى الْقِعْدَةِ وَعُمْرَةً فِى شَوَّالٍ

Artinya: "Dari Aisyah ra: sungguh Nabi Muhammad saw pernah melakukan umrah dua kali, yaitu umrah pada bulan Dzulqa'dah dan umrah pada bulan Syawal." (HR Abu Dawud).

Untuk memfasilitasi jamaah yang ingin melaksanakan umrah seperti Rasulullah Saw di bulan Syawal maka PT Murni Wisata membuka program Umroh Syawal pada tanggal 15 April 2024 selama 9 hari dengan penerbangan menggunakan Garuda Indonesia Airways dengan rute Jakarta Direct Jeddah.

Untuk lebih lengkapnya mengenai paket Umrah Syawal ini jamaah bisa menghubungi langsung PT Murni Wisata Mandiri di Jl. Guntur No 16 Jakarta tlp. 0812.3455.5527

Bisa dilihat juga di laman : www.murniwisata.com atau di Instagram : @murniwisata dan youtube official : murniwisata
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved