Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Prof Ikrar Nusa Bhakti Ragukan Survei yang Menangkan Prabowo-Gibran


Prof Ikrar Nusa Bhakti Ragukan Survei yang Menangkan Prabowo-Gibran

Lensaislam.com : Pengamat politik Prof Ikrar Nusa Bhakti menilai berbagai survei tentang elektabilitas capres dan cawapres di Pilpres 2024 memang dipesan untuk memenangkan Prabowo-Gibran. Tanpa menyebut pihak yang memesan, Ikrar menyinggung, dua cara lembaga survei membuat Prabowo-Gibran unggul.

"Pertama, memang ada lembaga-lembaga survei yang diminta untuk mengunggulkan pasangan tertentu, dalam hal ini Prabowo-Gibran melalui hasil surveinya," ujar Ikrar dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2023.

Menurut Ikrat, cara kedua adalah dengan mengintervensi secara tak langsung terhadap tata cara teknis survei. Sehingga hasil survei yang dirilis ke media sesuai dengan keinginan sang pemesan.

"Misalnya, ketika si pemesan sudah mengetahui daerah mana saja yang akan menjadi sampel survei lembaga tertentu, maka di daerah-daerah itu akan diturunkan para pelaku lapangan untuk memberikan bantuan seperti sembako pada masyarakat dengan arahan mendukung Prabowo-Gibran," ungkap Ikrar.

Prof Ikrar menjelaskan berbagai survei itu sengaja dibuat untuk mempengaruhi pemilih agar akhirnya mereka memilih duet Prabowo-Gibran.

"Ketika hampir semua lembaga survei menunjukkan hasil serupa dengan dukungan data yang tampak akurat, para pemilih kemungkinan akan terpengaruh dalam menentukan pilihannya," ujar Ikrar. ***

Editor : AM. Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved