Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Jokowi: Kita Tidak Sadar Sudah Dijajah Secara Ekonomi


Jokowi: Kita Tidak Sadar Sudah Dijajah Secara Ekonomi

Lensaislam.com : Presiden Jokowi menginginkan Indonesia tidak hanya menjadi konsumen tetapi harus menjadi produsen. Jokowi tidak mau Indonesia dijajah di era modern dengan masifnya barang impor di e-commerce dari luar negeri.

"Jangan mau kita terkena juga kolonialisme di era modern ini. Kita enggak sadar tahu-tahu kita sudah dijajah secara ekonomi," kata Jokowi saat memberikan sambutan di acara Program Pendidikan Lemhannas Tahun 2023, di Istana Negara, Rabu, 4 Oktober 2023.

Jokowi berharap Indonesia bisa menguasai pasar ekspor, setidaknya di kawasan Asia Tenggara. "Jangan sampai kita terlena dalam hitungan bulan, enggak mau saya terkena penjajahan di era modern," ujarnya.

Ia mengingatkan harga murah barang impor bisa membuat ketergantungan. Artinya, itu bisa mengancam kedaulatan.

"Mungkin awal-awal harganya masih Rp5.000. Begitu sudah masuk, beli ini sudah ketagihan baru dinaikkan Rp500 jt, mau apa? Sudah enggak bisa apa-apa kita karena sudah ketergantungan di situ. Oleh sebab itu, kita harus lindungi betul kedaulatan digital kita, harus dilindungi betul," ujarnya.

Karenanya, sambung Jokowi, pemerintah berupaya mengejar untuk menyusun regulasi yang sesuai. Pemerintah juga berupaya menjaga aset digital termasuk data dan informasi.

"Regulasinya ini yang harus mengejar. Bukan kita yang mengurusi urusan masalah regulasi mbulet-nya ke mana-mana, ruwetnya ke mana-mana, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun saja belum jadi. (Tapi) teknologinya sudah lari cepet sekali, problem ada di situ," pungkasnya. ***

Editor : AM. Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved