Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Museum Nasional Kebakaran, Mendikbud Nadiem: Ini Sangat Menyedihkan

Museum Nasional Kebakaran, Mendikbud Nadiem: Ini Sangat Menyedihkan

Lensaislam.com : Museum Nasional di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, mengalami kebakaran pada Sabtu malam, 16 September 2023 sekitar pukul pukul 20.00 WIB. Kebakaran itu diduga disebabkan oleh korsleting arus listrik dari bedeng proyek renovasi. Sehingga, peristiwa itu menghanguskan satu gedung dan sebuah bedeng pekerja.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim langsung mendatangi Museum Nasional tersebut usai terjadi kebakaran. Nadiem menilai kebakaran di Museum Nasional ini kejadian yang sangat menyedihkan.

"Jadi ini merupakan hal yang sangat menyedihkan buat kami bahwa ini bisa terjadi. Tentunya tadi kami juga berbicara dengan aparat kepolisian untuk segera melakukan investigasi apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut," kata Nadiem di kawasan Museum Nasional, Jakarta Pusat, Ahad dini hari, (17/9/2023).

Nadiem mengatakan hal yang menjadi prioritas utama yakni inventarisasi artefak dan barang bersejarah di museum. Nadiem menyebut hal itu belum bisa dilakukan semalam karena kendala keamanan.

"Satu hal yang sangat penting adalah saat ini prioritas utama adalah keamanan struktural daripada gedung-gedung ruangan itu. Jadi saya ini belum bisa masuk. Kita ke dalamnya untuk melakukan inventarisasi ya, dari barang-barang tersebut karena dari aparat pemadam kebakaran belum disebut aman. Itu pertama yang penting, keamanan adalah nomor satu," ucapnya.

"Prioritas utama kami sekarang adalah sebenarnya menyelamatkan sebanyak mungkin artefak-artefak atau benda-benda bersejarah yang ada di dalam ruangan-ruangan yang terdampak oleh kebakaran ini," tambah Nadiem.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengungkapkan kebakaran Museum Nasional itu bersumber dari pendingin udara (AC). Dia menyebut ada letupan. "Ada letupan AC yang mengakibatkan adanya api, terjadi perambatan ke sisi Gedung A1 bagian belakang," kata Satriadi Gunawan. ***

Editor : AM. Isa Karim D | Lensaislam.com | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved