Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

LSI Denny JA: Prabowo Menang di Warga NU, Anies Menang di Warga Muhammadiyah

LSI Denny JA: Prabowo Menang di Warga NU, Anies Menang di Warga Muhammadiyah

Lensaislam.com : Lembaga Survei LSI Denny JA melakukan survei untuk melihat preferensi capres dari pemilih ormas Islam. Hasilnya, capres Prabowo Subianto menang di pemilih warga Nahdlatul Ulama (NU), dan Anies Rasyid Baswedan menang di pemilih warga Muhammadiyah.

"Dari pemilih berlatar belakang NU ada 36,2 persen memilih Prabowo, 35,5 memilih Ganjar, serta 17,9 persen di Anies. Untuk pemilih Muhammadiyah sebanyak 45,2 persen memilih Anies, 33 persen memilih Ganjar, sebanyak 20,8 mencoblos Prabowo," ungkap Peneliti LSI Denney JA, Ardian Sopa dalam keterangannya seperti ditayangkan di akun Youtube LSI Denny JA, Selasa, 19 September 2023.

"Di NU Prabowo bersaing dengan Ganjar, unggul sangat tipis. Sedangkan, di Muhammadiyah, Anies unggul," ujar Ardian.

Selain itu, LSI Denny JA juga mensurvei pemilih dari ormas Islam lain dan non-ormas. Pemilih dari ormas lain, ada 29,8 persen memilih Prabowo, 14,5 persen mencoblos Ganjar, dan 19,9 persen memilih Anies.

Sedangkan, pemilih dari non-ormas sebanyak 43,1 persen memilih Prabowo, 35,8 persen memilih Ganjar, dan 18,2 persen memilih Anies.

Survei tersebut dilakukan kepada 1.200 responden pada periode 1-8 Agustus 2023. Dari responden itu, sebanyak 56,9 pemilih menyatakan bagian dari NU dan 5,7 persen pemilih menyatakan bagian dari Muhammadiyah.  Sedangkan, tiga persen menyatakan mereka merupakan pemilih dari ormas-ormas Islam lain. Sedangkan, sebanyak 33,8 persen tidak tergabung dalam ormas apapun.

Menurut Ardian, survei itu penting, mengingat lebih dari 60 persen publik Muslim merupakan bagian organisasi terbesar Islam di Indonesia, yaitu NU dan Muhammadiyah. Namun, persepsi politiknya belum banyak ditangkap.

"Sejauh ini, penelitian mengenai NU dan Muhammadiyah, persepsi perilaku dan preferensi politiknya belum banyak digali," ungkap Ardian. ***

Simak di : https://www.youtube.com/watch?v=YJyELrlcf8Y

Editor : AM. Isa Karim D | Lensaislam.com | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved