Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Arab Saudi Luncurkan 3 Jenis Visa Elektronik Baru untuk Indonesia, Permudah WNI untuk Bekerja, Izin Tinggal ataupun Berkunjung ke Arab Saudi


Lensaislam.com :
Arab Saudi meluncurkan 3 jenis visa elektronik baru untuk Indonesia untuk kategori kunjungan, kerja, dan izin tinggal pada Kamis, 25 Mei 2023. Dengan adanya e-visa ini, maka visa yang sebelumnya berbentuk stiker tidak lagi berlaku.

Program ini merupakan arahan dari Raja Salman bin Abdul Aziz Alsaud dan Putra Mahkota Pangeran Muhammad Bin Salman yang ditujukan untuk mempermudah pengurusan visa Arab Saudi, khususnya bagi masyarakat Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan kunjungan terbanyak.

Duta Besar Arab Saudi di Indonesia, Faisal Abdullah Al-Amodi, mengatakan bahwa program e-visa dilakukan untuk memberikan kemudahan dan fasilitas kepada masyarakat yang akan pergi ke Arab Saudi, termasuk WNI.

Kemudahan tersebut sudah terbukti dari banyaknya e-visa haji -yang telah lebih dulu diberlakukan- yang dapat dibuat dalam sehari.

"Dalam sehari bisa mengeluarkan sekitar 25.000 visa haji. Ini adalah kemudahan dalam menggunakan teknologi. Program ini sejalan dengan visi Arab Saudi 2030," ungkap Dubes Saudi Faisal Abdullah Al-Amodi dalam sambutannya pada acara peluncuran di gedung Kedutaan Arab Saudi Jakarta.

Akan ada tiga macam e-visa, yaitu visa kerja, visa izin tinggal, dan visa berkunjung.

Stiker visa yang tidak lagi berlaku juga akan mengubah cara pengecekan keabsahan visa, yaitu diganti dengan menggunakan kode QR. Ketentuan lainnya seperti tes kesehatan dan langkah pengajuan tetap berlaku, hanya prosesnya dipersingkat. Selain di Indonesia, pemberlakuan visa elektronik Arab Saudi ini juga akan dilakukan di tujuh negara lainnya.

Sistem e-visa ini mempermudah dan mempercepat proses pembuatannya, "Sistem yang lama tidak mungkin mengeluarkan 45.000 dalam dua jam saja," kata Faisal.

Selain memberi kemudahan, Faisal menjelaskan bahwa ini juga berkaitan dengan visi 2030 Arab Saudi, "Salah satu programnya yaitu memberi kemudahan di bidang kekonsuleran."

Visa elektronik Arab Saudi disebut akan segera diberlakukan untuk seluruh dunia. Tahun ini akan diberlakukan di tujuh negara, termasuk Indonesia. Pemberlakuan e-visa ini juga menunjukkan komitmen dan perhatian Arab Saudi untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia. ***

Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved