Update Informasi Terbaru Hari Ketiga Pemberangkatan Jamaah Haji

Jakarta, Lensa Islam - Dari Asrama Haji Jakarta, Pondok Gede Kementerian Agama merilis informasi dan berita terbaru pada hari Senin, (6/6/2022) yang disampaikan oleh Akhmad Fauzin S.Ag.,M.SI, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (Kemenag)

"Hari ini kita telah memasuki masa operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1440 Hijriyah atau 2022 masehi. Semoga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dapat berjalan, dan seluruh jamaah haji Indonesia dapat menjalankan ibadah haji dengan sehat, aman, nyaman, berkah, dan mabrur," kata Akhmad Fauzin

Selain itu pada kesempatan itu dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat media dalam memberikan informasi tentang penyelenggaraan ibadah haji. 

"Hari ini Senin tanggal 6 Juni 2022 kami akan menyampaikan update data operasional penyelenggaraan ibadah haji dari beberapa embarkasi dan dari Arab Saudi yang bersumber dari laporan PPIH embarkasi dan PPIH Arab Saudi yang masuk gelombang pertama," ujarnya 

Pada hari ketiga pemberangkatan jamaah haji dari tanah air dari beberapa embarkasi dengan rincian keberangkatan sebagai berikut. Pertama embarkasi Jakarta Pondok Gede atau JKG sebanyak 1 kloter dengan jumlah jemaah 393 orang. 

Selanjutnya embarkasi Padang sebanyak 1 kloter dengan jumlah jemaah 393 orang, embarkasi Solo sebanyak 1 kloter dengan jumlah jemaah 360 orang, embarkasi Surabaya sebanyak 2 kloter dengan jumlah jemaah masing-masing sebanyak 450 orang. sehingga jumlah seluruhnya menjadi 900 orang.

Dengan demikian jumlah rencana keberangkatan jamaah haji di hari ketiga ini sebanyak 5 kloter dari 4 embarkasi, dengan jumlah jemaah seluruhnya 2046 orang.

"Berikutnya jumlah jemaah yang telah diberangkatkan dari hari pertama sebagai berikut. embarkasi Jakarta Pondok Gede JKG, Jakarta Garuda Indonesia sebanyak 3 kloter atau tiga kelompok terbang, dengan jumlah jamaah dan petugas sebanyak 1.171 orang. Embarkasi jakarta-bekasi atau Jakarta Saudi sebanyak 4 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 1.635 orang," ujarnya 

Selanjutnya embarkasi Solo sebanyak 4 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 1.432 orang. Berikutnya embarkasi Surabaya sebanyak 2 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 898 orang yang terakhir embarkasi padang sebanyak 2 kloter dengan jumlah jamaah dan petugas 784 orang.

Dengan demikian sampai hari ini jumlah yang telah diberangkatkan sebanyak 15 Kloter atau 15 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 5920 orang.

"Disampaikan juga bahwa masa tinggal di Madinah antara 8 sampai dengan 9 hari dengan mengacu kecukupan pelaksanaan salat Arbain atau salat fardu sebanyak 40 waktu di Masjid Nabawi. Perlu kami sampaikan juga bahwa kondisi cuaca rata-rata di Arab Saudi pada hari ini siang hari keadaan suhu berkisar antara 30 derajat celcius sampai dengan 44 derajat Celcius dengan kelembaban rata-rata 8%," tandasnya 

Pada kesempatan itu dirinya juga turut menyampaikan update jamaah yang wafat di Arab Saudi baru 1 orang yaitu atas nama Suhati Rahmat Ali binti Haji Rahmat nomor paspor C6495065 usia 64 tahun dari kloter JKG Bekasi Jakarta Pondok Gede. 

"Marilah kita doakan semoga almarhumah wafat dalam keadaan khusnul khatimah dan ibadah hajinya diterima oleh Allah Subhana wa ta'ala menjadi Haji mabruroh. Aamiin," pungkasnya.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Below Post Ad