Bantun Kemenag Untuk Masjid-Mushola di Gempa Sumbar, Adib : Bentuk Kepedulian, Empati dan Kehadiran Pemerintah - Lensa Islam | Portal Berita Islam Terdepan
logo

Bantun Kemenag Untuk Masjid-Mushola di Gempa Sumbar, Adib : Bentuk Kepedulian, Empati dan Kehadiran Pemerintah

Bantun Kemenag Untuk Masjid-Mushola di Gempa Sumbar, Adib : Bentuk Kepedulian, Empati dan Kehadiran Pemerintah


Jakarta, Lensa Islam.com - Dalam musibah gempa di Sumatera Barat, tepatnya di Pasaman dan Pasaman Barat kehadiran pemerintah sangatlah dinantikan khususnya dalam hal bantun pembangunan fasilitas masyarakat seperti Masjid dan Musholla yang rusak karena gempa.

Adalah Kementerian Agama (Kemenag) yang turut menyalurkan bantuan senilai Rp 1,95 miliar ke 54 masjid dan mushola terdampak gempa di Sumbar.

Adapun penyaluran ini merupakan tindak lanjut dari alokasi bantuan senilai Rp 2,35 miliar yang disiapkan Kemenag saat terjadi gempa di Pasaman dan Pasaman Barat pada Februari lalu.

"Bantuan itu terdiri dari Rp 400 juta untuk membantu kelengkapan posko tanggap darurat saat gempa, dan Rp 1,95 miliar untuk rehab masjid dan mushola terdampak yang kita salurkan hari ini," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag, Adib, saat serah terima bantuan di Kantor Kemenag Pasaman Barat, Kamis (14/4/2022).

"Kita berharap bantuan ini bisa membawa kebaikan dan meringankan beban bagi korban terdampak gempa," tandasnya.

Hadir pada penyerahan bantuan itu, Kabid Urais Kanwil Kemenag Sumbar Edison, Kepala Kemenag Pasaman Barat Muhammad Nur, Kasubdit Kemasjidan Ahmad Zamroni, Kasubdit Bina Paham Keagamaan Islam dan Penanganan Konflik Akmal Salim Ruhana, tokoh agama, serta tokoh masyarakat. Adib menegaskan bantuan tersebut bisa segera dicairkan para penerima.

"Kita bergerak cepat dengan menggandeng Bank Syariah Indonesia atau BSI agar bantuan ini bisa segera dicairkan untuk pemanfaatan rehabilitasi masjid dan mushola terdampak," jelas Adib.

"Mungkin jumlahnya tidak terlalu besar, tapi ini bagian dari kepedulian, empati, dan kehadiran pemerintah melalui Kementerian Agama di tengah masyarakat terdampak gempa. Semoga bermanfaat bagi masyarakat," terangnya.

Mantan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat ini menambahkan, nantinya bantuan tersebut akan dimanfaatkan untuk renovasi sejumlah masjid dan mushola terdampak di dua kecamatan yakni Talamau dan Pasaman di Kabupaten Pasaman Barat, serta Kecamatan Tigo Nagari di Kabupaten Pasaman.

Sebelum dilakukan proses pemberian bantuan, terlebih dulu diadakan  survei di beberapa lokasi yang terdampak gempa. Adapun bantuan itu akan dialokasikan untuk 54 masjid dan mushola di tiga kecamatan. Besaran bantuan tersebut merupakan usulan dari Kanwil Kemenag Sumbar berdasarkan laporan dari Kantor Kemenag setempat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact