Trump Hentikan Bantuan Dana untuk WHO di Tengah Wabah Virus Corona

547

Lensaislam.com : Presiden Donald Trump menghentikan bantuan dana AS untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena dinilai telah gagal dalam mengatasi penyebaran pandemi virus corona (Covid-19). Trump menilai karena kegagalan WHO, Amerika Serikat kini mengalami penderitaan paling parah dari wabah virus tersebut.

“WHO telah salah urus dan menutupi penyebaran virus corona. WHO menutupi transparansi atas wabah dan Amerika Serikat sekarang menerima apa yang kita lakukan dengan semua uang yang masuk ke WHO,” kata Trump, seperti dilansir dari Reuters, Rabu, (15/4/2020).

Amerika Serikat adalah donor besar untuk operasional WHO yang berbasis di Jenewa dan menyumbang lebih dari US $ 400 juta pada tahun 2019, sekitar 15 persen dari anggarannya.

“Dengan pecahnya pandemi COVID-19, kami memiliki keprihatinan mendalam apakah kemurahan hati Amerika telah dimanfaatkan sebaik mungkin oleh WHO. WHO telah gagal dalam tugas dasar ini dan ia harus bertanggung jawab,” tambah Trump.

Presiden Donald Trump terus menyerang WHO dan menilai WHO lebih pro-China. “WHO benar-benar gagal. Sebagian besar operasionalnya didanai oleh Amerika Serikat, namun sangat Cina sentris,” ungkap Trump.

“Seandainya WHO melakukan tugasnya untuk membawa para ahli medis ke China untuk menilai secara objektif situasi di lapangan, wabah itu bisa saja tertahan di sumbernya dengan kematian yang sangat sedikit. Namun WHO hanya menunggu informasi dari China dan membela tindakan pemerintah China,” ujar Trump. (DH/MTD)

Sumber : Reuters, CNA | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY