Tolak Proposal Trump, Presiden Mahmoud Abbas : Yerusalem Tidak Untuk Dijual

436

Lensaislam.com : Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan seribu kata “tidak” untuk menolak proposal perdamaian Timur Tengah yang diumumkan oleh Presiden Donald Trump yang sangat pro-Israel.

“Setelah omong kosong yang kami dengar hari ini, kami mengatakan seribu kata tidak untuk proposal Ini. Saya katakan kepada Trump dan Netanyahu: Yerusalem tidak untuk dijual, semua hak kami tidak untuk dijual dan tidak untuk ditawar-tawar. Dan kesepakatan Anda hanya konspirasi,” kata Abbas pada konferensi pers di kota Ramallah, Tepi Barat, seperti dilansir dari Asharq Al Awsat, Rabu, (29/1/2020).

Abbas menegaskan Palestina tetap berkomitmen untuk mengakhiri pendudukan Israel dan mendirikan negara merdeka dengan ibukota Yerusalem.

“Kami tidak akan berlutut dan kami tidak akan menyerah,” tegas Abbas.

Proposal perdamaian Trump baru saja diumumkan dengan mengusulkan negara Palestina di beberapa bagian wilayah Tepi Barat. Namun tetap membiarkan Israel mencaplok hampir semua pemukiman di wilayah pendudukan tersebut. Proposal itu juga menawarkan kepada Palestina untuk mendirikan negara merdeka dengan ibukota Yerusalem Timur, tetapi sebagian besar wilayah tetap berada di bawah kendali Israel.

Abbas mengadakan pertemuan darurat dengan faksi-faksi Palestina lainnya, termasuk Hamas, untuk membahas tanggapan terpadu terhadap rencana tersebut. Abbas dengan tegas menolak kesepakatan itu yang sangat pro-Israel.

Sumber : Asharq Al Awsat | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY