Presiden Putin Ucapkan Selamat Idul Adha: Islam Agama Pemersatu Antar Etnis

1374

Lensaislam.com : Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1442 H kepada umat Islam di Rusia. Dalam ucapannya, Putin menyatakan Islam mampu mempersatukan bangsa Rusia yang terdiri dari berbagai macam etnis dan budaya.

“Hari raya bersejarah ini, yang telah diperingati dari berabad-abad yang lalu, mengingatkan orang-orang beriman tentang akar dan nilai-nilai Islam, mendorong belas kasih, keadilan, kebajikan, dan sikap ramah terhadap orang lain,” ungkap Putin seperti dirilis oleh situs resmi Kremlin, pada Selasa, (20/7/2021).

Putin memuji nilai kemanusiaan dan moral yang ditanamkan dalam ajaran Islam yang menurutnya mampu memperkuat persatuan bangsa Rusia.

“Cita-cita kemanusiaan dan moral yang mulia ini, yang menjadi dasar semua agama di dunia, memiliki kekuatan pemersatu yang sangat besar, membantu memperkuat kesepakatan antaretnis dalam masyarakat dan melestarikan keragaman budaya dan tradisi asli bangsa kita,” tambah Putin.

Dikutip dari Wikipedia, Saat ini, Islam di Rusia adalah agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks, yakni sekitar 21 – 28 juta penduduk atau 15 – 20 persen dari sekitar 142 juta penduduk. Kehidupan Muslim di Rusia saat ini membaik jika dibandingkan dengan masa kekuasaan Komunis dahulu. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Rusia, pemimpin Rusia (Vladimir Putin) memasukkan menteri Muslim dalam kabinetnya dan mengakui eksistensi Muslim Rusia.

Sumber : Kremlin.ru, Wikipedia | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY