Peringatan WHO untuk Indonesia: Jangan Semprot Disinfektan Langsung ke Badan Seseorang

1343

Lensaislam.com : Akhir-akhir ini banyak ditemukan aksi warga yang menyemprotkan langsung cairan disinfektan ke badan seseorang untuk mencegah tersebarnya virus corona (Covid-19). Tidak hanya itu, juga ditemukan bilik-bilik penyemprotan disinfektan yang ditempatkan di gedung perkantoran atau pintu-pintu masuk perumahan.

Menanggapi fenomena tersebut, WHO mengatakan bahwa hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan. Menyemprotkan cairan disinfektan yang berisi bahan-bahan kimia secara langsung ke tubuh manusia bisa berbahaya.

“Indonesia, jangan menyemprot disinfektan langsung ke badan seseorang, karena hal ini bisa membahayakan. Gunakan disinfektan hanya pada permukaan benda-benda. Ayo #LawanCOVID19 dengan tepat!,” tulis WHO Indonesia di akun Twitternya.

“Menyemprot alkohol atau klorin pada tubuh seseorang tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh. Menyemprot bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir (contoh : mata, mulut),” ujar WHO.

“Ingat, alkohol dan klorin bisa berguna sebagai disinfektan pada permukaan, namun harus digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaannya,” jelas WHO.

Sumber : @WHOIndonesia | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY