Erdogan Jadi Ancaman Baru Bagi Yunani di Mediterania Timur

331

Lensaislam.com : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan disebutkan menjadi ancaman baru bagi Yunani di Mediterania Timur. Hal itu diungkapkan di saat Pasukan Turki sedang mempersiapkan latihan militer di Mediterania Timur di tengah sengketa sumber daya energi di kawasan itu.

Ketegangan antara ke dua negara semakin memanas sejak Turki mengirimkan kapal penelitian dan sebuah iring-iringan kapal perang bulan lalu di wilayah perairan antara Siprus dan pulau-pulau kecil Yunani, Kastellorizo dan Crete.

Yunani dan Siprus mengklaim bahwa daerah tersebut merupakan Zona Ekonomi Ekslusif mereka. Sementara itu, Erdogan juga menyatakan bahwa wilayah itu merupakan hak kedaulatan Turki.

“Mereka akan paham bahwa Turki memiliki kekuatan politik, ekonomi dan militer untuk menghancurkan peta-peta dan dokumen-dokumen,” kata Erdogan, seperti dilansir dari Arabnews, Ahad, (6/9/2020).

“Mereka akan mengerti bahasa politik dan diplomasi, atau dilapangan dengan melalui pengalaman-pengalaman pahit. Turki dan rakyatnya siap untuk setiap kemungkinan dan konsekuensinya,” tambah Erdogan.

Pasukan Militer Turki akan memulai latihan militer selama lima hari ke depan yang di mulai pada Ahad ini di perbatasan Siprus yang telah diakui oleh Ankara. (LBS/MTD)

Sumber : Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY