China Ajak Dunia Internasional Dukung Taliban, Bukan Menekannya

154

Lensaislam.com : Meski belum secara resmi mengakui Taliban sebagai penguasa baru di Afghanistan, China mengajak dunia internasional untuk memberikan dukungan kepada Taliban ketimbang memberikan lebih banyak tekanan kepadanya. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi saat berbicara dalam sambungan telepon dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab.

“Masyarakat internasional harus mendorong dan membimbingnya (Taliban) ke arah yang positif daripada memberikan lebih banyak tekanan. Hal itu lebih kondusif untuk menstabilkan situasi,” ungkap Wang Yi, seperti dilansir dari Reuters, Jumat, (20/8/2021).

Sebelumnya, pada 28 Juli 2021, Wang Yi juga telah menerima kunjungan Mullah Abdul Ghani Baradar, petinggi Taliban di Tianjin, China. Dalam kesempatan tersebut, China mengharapkan Taliban memainkan peran penting dalam proses perdamaian dan rekonstruksi Afghanistan.

Dalam pembicaraan telepon dengan Raab, Wang Yi juga mengatakan masyarakat internasional seharusnya tidak menggunakan Afghanistan sebagai medan pertempuran geopolitik tetapi harus menghormati kemerdekaannya dan kehendak rakyatnya.’

Pada kesempatan tersebut, Wang Yi menambahkan telah ada “tanda-tanda positif” dalam hubungan China-Inggris setelah titik terendah baru-baru in,sesuai dengan pernyataan sebelumnya oleh Raab bahwa hubungan kedua negara harus ditentukan oleh kerja sama, bukan perselisihan. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY