Air Masih Setinggi Dada, Ponpes Abu Bakar Sintang dan MBA Eksis Memberi Bantuan

735

Lensaislam.com : Walau diperkotaan dikabarkan surut, namun di pedalaman pemukiman warga masih tergenang air setinggi dada bahkan rumah-rumah masih tenggelam dengan ketinggian air 4-5 meter.

Hal itu diungkapkan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Abu Bakar di Sintang, Ustadz Sutan Jefri, yang langsung turun memimpin para relawan dakwah dan sosial dari dalam dan luar Sintang.

“Markaz Al Islami Abu Bakar Sintang saat ini mengelola 53 dapur umum di kabupaten Sintang. Ada 16 kecamatan terdampak, dan mereka merasakan dampak banjir yg luar biasa, walau setiap tahun dibantaran sungai Malawi dan Kapuas biasa banjir dari luapan sungai namun banjir kali ini sangat luas merendam hampir semua wilayah Sintang sampai sedalam 4-5 meter dan sudah hampir 8 pekan ini,” kata Ustadz Sutan Jefri kepada redaksi, Kamis, (18/11/2021).

Namun beliau bersyukur ada teman-teman MBA ( Markaz Bersama Assunnah ) yang merupakan perkumpulan dari ratusan lembaga-lembaga dakwah dan sosial.

“Mereka full support membantu selama hampir delapan pekan ini. Ponpes Abu Bakar sudah menyalurkan 68 ton beras, 92 ribu galon ( @20 liter ) 25 ribu nasi bungkus. Alhamdulillah pihak bnpb dan pemerintah turut bekerjasama pula dengan pihak ponpes untuk menebar bantuan,” demikian jelas beliau dengan semangat.

Dalam keadaan banjir masih mengepung, saat ini masyarakat yang tersebar di pengungsian,loteng-loteng rumah mereka bahkan ada yangvtidur diatas perahu, masih membutuhkan air bersih,beras,minyak goreng dan bahan makanan pokok lain, dan tak kalah penting obat-obatan untuk gatal-gatal dan penyakit karena sanitasi buruk dan genangan air,lanjut beliau.

Seperti diinfokan sebelumnya,Sintang mengalami banjir dengan dua kali kejadian, selama bulan oktober november, banjir pertama adalah banjir yang biasa dialami penduduk bantaran sungai, dan banjir kedua banjir yang dahsyat melanda hampir seluruh Sintang. (KD)

comments

LEAVE A REPLY