Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

JK Sindir Mobil Esemka: Boong-boongan Aja Itu!


JK Sindir Mobil Esemka: Boong-boongan Aja Itu!

Lensaislam.com : Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla tiba-tiba mengomentari hadirnya brand mobil dalam negeri yaitu Esemka. JK mengungkap bahwa munculnya mobil fenomenal tersebut hanya bohong-bohongan saja.

"Boong-boongan aja itu," kata JK saat menjawab pertanyaan CNBC Indonesia dalam Konferensi Pers Economix di FISIP UI, Senin, 27 November 2023.

Menurut JK, Indonesia harusnya punya potensi untuk memproduksi mobil buatan dalam negeri dengan mengambil ilmu serta teknologi otomotif dari negara lain. Namun harus dilakukan secara benar, serius atau tidak bohong.

"Mobil tuh bisa ambil teknologi luar tapi kita melaksanakannya, tapi tidak boong-boongan," sebutnya lagi.

Untuk membuat brand otomotif sendiri, JK menyebut perlu kerja sama serta didorong semangat serta kerja sama yang baik antara pengusaha dan anak muda, dengan kemampuan sendiri, jadi jangan hanya bicara saja.

JK mencontohkan negara lain seperti Vietnam yang mampu membuat brand mobil sendiri dengan sungguh-sungguh. "Kalau Vietnam bisa masa kita tidak bisa, banyak negara. China dulu juga gitu sekarang bisa 25 juta setahun," ucapnya.

Berkaca dari kesuksesan negara lain, Indonesia yang sudah merakit mobil di dalam negeri melalui brand mobil Jepang, Korea Selatan hingga China juga punya potensi untuk melakukannya melalui brand sendiri.

Diketahui, brand Mobil Esemka sempat melambung setelah Presiden Jokowi yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Solo menjadikan Esemka Rajawali sebagai kendaraan dinas Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo.

Saat Jokowi ikut Pilkada DKI Jakarta 2012, mobil tersebut sempat digunakan dalam perjalanan dari Solo ke Jakarta. Namun, pamor Esemka sempat tenggelam ketika Jokowi terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta (2012-2014). Meski demikian, Esemka meroket lagi saat Jokowi mengadakan kampanye Pilpres 2014. ***

Sumber : CNBC Indonesia | Weblink : https://www.cnbcindonesia.com/news/20231127165534-4-492414/jk-singgung-esemka-boong-boongan-aja-itu

Editor : AM. Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved