Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Profil Dr. Andi Amran Sulaiman yang Dilantik Kembali Menjadi Menteri Pertanian


Profil Dr. Andi Amran Sulaiman yang Dilantik Kembali Menjadi Menteri Pertanian

Lensaislam.com : Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian pada periode pertama kepemimpinan Jokowi (2014-2019). Amran pun kembali dilantik sebagai Menteri Pertanian pada hari ini, Rabu, 25 Oktober 2023 di Istana.

Amran lahir di Bone, 27 April 1968. Amran merupakan anak ketiga dari dua belas bersaudara dari ayah Andi B. Sulaiman Dahlan Petta Linta, seorang veteran, dan ibu Andi Nurhadi Petta Bau. Ketika ia lahir di Bone, ia menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di daerah tetangga, Barru, di mana ia tinggal selama 7 tahun dan pertama kali bersekolah di sekolah dasar. Kemudian, ia kembali ke Bone dan menyelesaikan pendidikan dasar 12 tahun pertamanya, lulus dari sekolah menengah atas negeri di Lappariaja pada tahun 1989.

Amran melanjutkan studi di ilmu pertanian Universitas Hasanuddin Makassar, dimulai pada tahun 1988 dan memperoleh gelar sarjana pada tahun 1993. Ia melanjutkan untuk memperoleh gelar master dan pascasarjana dari universitas yang sama masing-masing pada tahun 2003 dan 2012, semuanya pada subjek yang sama. Saat ini, ia memegang 5 hak paten, selain itu, Amran juga tercatat sebagai dosen di Universitas Hasanuddin Makassar.

Selain itu, Amran juga dikenal sebagai seorang pengusaha sukses di Sulawesi Selatan. Ia sempat bekerja di PTPN XIV. Ia lalu dikenal sebagai pendiri Tiran Group yang memiliki unit bisnis di antaranya PT Tiran Indonesia (tambang emas), PT Tiran Sulawesi (perkebunan tebu dan sawit), PT Tiran Makassar (distributor Unilever), PT Tiran Bombana (emas, timah hitam), PT Tiran Mineral (tambang nikel).

Di Bone, Amran diketahui masih mempunyai garis darah biru. Amran adalah keturunan dari La Pawawoi Arung Sumaling, anak keempat dari La Tenri Tappu, Raja Bone ke-23. Ia merupakan adik dari Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulawesi Selatan periode 2022-2023.

Riwayat pendidikan

  • SD Impres 10 Mappesangka, Bone
  • SMP Negeri Ponre, Bone
  • SMA Negeri Lappariaja, Bone
  • Sarjana Fakultas Pertanian Unhas 1988-1993
  • Magister Ilmu Pertanian Unhas 2002-2003
  • Doktor Ilmu Pertanian Unhas 2008-2012

Penghargaan

  • Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan di Bidang Wirausaha Pertanian dari Presiden RI, 2007
  • Penghargaan FKPTPI Award tahun 2011 di Bali.

Editor : AM. Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved