Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Jumlah Pekerja IKN Capai 9.713 Orang, Sebanyak 2.649 Pekerja Lokal


Lensaislam.com :
Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Ototira IKN, Alimuddin mengungkapkan jumlah pekerja pada semua proyek fisik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hingga Agustus 2023 mencapai 9.713 orang.

Sebanyak 7.064 orang merupakan pekerja yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.  Sedangkan yang berasal dari penduduk lokal mencapai 2.649 orang.

"Data riil di lapangan, jumlah pekerja di IKN yang mencapai 9.713 orang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Khusus untuk pekerja lokal terserap sekitar 30 persen," ungkap Alimuddin di Balikpapan, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Serapan sebanyak 2.649 penduduk lokal itu merupakan para pekerja hasil dari pelatihan yang dilakukan oleh Otorita IKN, Kementerian PUPR, dan pihak lain pada pelatihan konstruksi yang dilakukan pada 2021 dan 2022.

"Banyak warga lokal yang dilatih dua tahun lalu dan memiliki sertifikasi, kini sudah bekerja di IKN. Sedangkan saat ini, kami sedang menyiapkan pelatihan untuk memberdayakan masyarakat, yakni pelatihan wirausaha sesuai dengan potensi masing-masing, tujuannya adalah untuk mencetak wirausaha baru," kata Alimuddin.

Setidaknya terdapat 29 pekerjaan fisik yang dilakukan oleh 9.713 pekerja tersebut meliputi pembangunan Kantor Presiden, Kantor Sekretariat Presiden, istana dan lapangan upacara, pengembangan lahan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Tahap 1, dan pengembangan lahan KIPP Tahap 2.

Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) Site 1A, 1B, 1C dan 2, Jalan Lingkar Sepaku Segmen 1, Lingkar Sepaku Segmen 2, Lingkar Sepaku Segmen 3, Rumah Menteri, Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap 1 (Plaza Seremoni), Sumbu Kebangsaan Timur.

Kemudian, pekerjaan penanganan banjir Sungai Sepaku (IKN), pembangunan 14 Embung KIPP, Kemenko 1, Kemenko 3, Kemenko 4, gedung dan kawasan Kantor Kemensetneg, jaringan perpipaan transmisi 2 Sepaku, pembangunan IPAL 1, 2, 3 KIPP IKN.

Berikutnya, pembangunan Jalan Tol IKN Segmen 3B KKT Kariangau - Simpang Tempadung, Jalan Tol IKN Segmen 3A Karang Joang - KKT Kariangau, dan pembangunan jalan lingkar Sepaku Segmen 4. ***

Kontributor : Abu Isa Karim D | Lensaislam.com | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved