Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

JK Sebut Lebih dari 50% Ekonomi RI Dikuasai Etnis Tionghoa


Lensaislam.com :
Mantan Wakil Presiden RI Ke-10 dan Ke-12, Jusuf Kalla (JK) mengatakan ekonomi Indonesia 50 persen lebih dikuasai oleh penduduk etnis Tionghoa. Hal itu diungkapkan JK dalam acara halalbihalal yang diadakan oleh Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat malam, 12 Mei 2023.

Padahal menurut JK, penduduk dengan etnis Tionghoa di Indonesia tak lebih dari 5 persen dari total penduduk Indonesia.

"Kita di Indonesia penduduk Tionghoa itu hanya 4,5 persen tapi mengusai ekonomi lebih dari 50 persen. Jadi kekuatan 10 kali lipat dari pada jumlahnya," kata JK dalam sambutannya, Jumat, (12/5/2023).

Jusuf Kalla juga mencontohkan negara tetangga, yaitu Malaysia yang 30 persen total penduduk Tionghoanya menguasai 60 persen ekonomi negara Malaysia.

"Malaysia juga. Tapi Malaysia memang penduduk Tionghoa itu 30 persen. Jadi kalau ekonomi Malaysia 60 persen dikuasai Tionghoa, itu hanya 1 banding dua," kata dia.

JK menyebut minimnya warga Indonesia yang menjadi pengusaha menjadi masalah besar. "Tentu (etnis Tionghoa) sahabat-sahabat kita, penting kerjanya bayar pajak, dia pekerjakan orang. Tapi tantanan terbesarnya ada di kita. Mereka tidak salah yang kurang kita," tuturnya.

"Karena itu tantangan kita yang terbesar sebenrnya pada dewasa ini. Adalah entrepreneurship. Bukan hanya ilmu saja. Semua di sini perilmuan cendikiawan," ungkap JK. ***

Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved