Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

4 Kota di Arab Saudi Masuk Daftar 'The World Smart City Index' Tahun 2023


Lensaislam.com :
The Smart City Observatory oleh IMD World Competitiveness Center baru saja merilis daftar The World Smart City Index (SCI) 2023 atau daftar indeks kota pintar di dunia. Dari total 141 kota dari seluruh dunia yang diteliti, empat kota di Arab Saudi masuk ke dalam daftar tersebut dengan peringkat teratas.

Keempat kota tersebut adalah Kota Riyadh, Makkah, Jeddah dan Madinah. Dalam daftar tersebut, Kota Riyadh menduduki posisi ke-30 secara global dan posisi ke-3 di dunia Arab. Kota Makkah menempati posisi ke-52 secara global dan posisi ke-4 di dunia Arab. Kota Jeddah menempati posisi ke 56 secara global dan posisi ke-5 di dunia Arab, sementara Kota Madinah menempati posisi ke-7 di dunia Arab dan posisi ke 85 secara global.

"Upaya intensif dari semua pihak, serta penggunaan teknologi canggih telah berkontribusi dalam meningkatkan peringkat kota-kota Saudi di berbagai sub-indeks. Di antara upaya tersebut adalah platform nasional untuk kota pintar yang diluncurkan oleh Saudi Data and Artificial Intelligence Authority (SDAIA)," demikian seperti dilansir dari Saudi Gazette, Jumat, 7 April 2023.

Indeks Smart City IMD berfokus pada bagaimana warga memandang ruang lingkup dan dampak dari upaya untuk membuat kota mereka pintar, sejauh mana aspek ekonomi dan teknis seimbang tanpa mengabaikan dimensi manusia, dan sejauh mana mereka berkontribusi untuk menjembatani kesenjangan antara aspirasi dan kebutuhan penduduk dan tren maju dalam cara kota pintar dibangun.

Smart City, menurut konsep ilmiahnya, berkontribusi pada pengembangan banyak sektor utama, seperti: sektor transportasi pintar melalui perangkat lunak perencanaan perjalanan dan reservasi untuk sistem transportasi umum, dan ekonomi pintar berdasarkan perangkat lunak canggih yang berkontribusi pada pengembangan banyak sektor seperti logistik, pengiriman dan layanan dukungan bersama. Hal ini selain membangun platform yang interaktif dengan masyarakat untuk mengidentifikasi kebutuhan dan aspirasi mereka dan berinteraksi dengan mereka secara transparan yang menempatkan mereka sebagai pusat perhatian lembaga negara, selain mengembangkan dan memfasilitasi akses layanan kepada warga negara.

Patut dicatat bahwa Institut Internasional untuk Pengembangan Manajemen adalah salah satu lembaga administrasi bisnis paling bergengsi di dunia, dan referensi penting bagi organisasi dan lembaga internasional lainnya untuk daya saing antar negara. IMD juga menjadi acuan dasar bagi para pengambil keputusan di seluruh dunia untuk mengukur dampak strategi nasional dalam meningkatkan tingkat kesejahteraan, mencapai kemajuan dan meningkatkan kualitas hidup.

Sumber : Saudi Gazette | Weblink : https://saudigazette.com.sa/article/631395/SAUDI-ARABIA/Riyadh-Makkah-among-4-Saudi-cities-in-IMD-Smart-City-Index-for-2023

Redaktur : Hermanto Deli | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved