Mengenal Etilen Glikol, Senyawa Beracun yang Diduga Pemicu Gagal Ginjal Akut


Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merilis 5 obat sirop yang diduga mengandung etilen glikol melebihi ambang batas aman.


Etilen glikol diduga jadi salah satu pemicu gagal ginjal akut misterius. Apa itu etilen glikol?


Seperti dilansir dari laman NCBI, etilen glikol atau C2H6O2 adalah 'alkohol beracun' yang banyak digunakan oleh industri rumah tangga. Kenapa disebut 'alkohol beracun'?


Rupanya senyawa ini mirip dengan etanol secara struktur kimia. Etanol sendiri merupakan komponen aktif pada minuman beralkohol. Namun berbeda dengan etanol, etilen glikol terbilang beracun jika dikonsumsi.


Etilen glikol berbentuk cairan tidak berwarna. Fungsi senyawa ini untuk memberikan rasa manis dan sebagai bahan pelarut. Kalau fungsinya demikian, kenapa senyawa ini bisa ada dalam obat sirop?


Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) menyebut bahwa etilen glikol dan dietilen glikol tidak digunakan dalam formulasi obat. Namun, senyawa bisa ada pada obat dalam bentuk kontaminan obat sirop.


Melalui surat edaran pada IAI daerah, PP IAI menyebut senyawa ini dimungkinkan ada pada obat dengan batas tertentu.


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut etilen glikol memberikan efek racun pada manusia. Gejala keracunan etilen glikol antara lain:


- sakit perut,
- muntah,
- diare,
- susah buang air kecil,
- sakit kepala,
- perubahan kondisi mental,
- gagal ginjal akut.


Sebelumnya, BPOM merilis daftar obat sirop yang diduga tercemar etilen glikol melebihi jumlah yang diizinkan. Sampling dilakukan terhadap 39 bets dari 26 sirop obat.


Berikut obat yang diduga mengandung cemaran etilen glikol dan dietilen glikol.


1. Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.


2. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.


3. Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan dus, Botol Plastik @ 60 ml.


4. Unibebi Demam Sirup (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan dus, Botol @ 60 ml.


5. Unibebi Demam Drops (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan dus, Botol @ 15 ml.


Sumber : CNNIndonesia.com

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Below Post Ad