Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Arab Saudi Renovasi 100 Situs Peninggalan Islam Bersejarah di Madinah



Lensaislam.com : Lebih dari 100 situs di Madinah yang terkait dengan kehidupan Nabi Muhammad SAW dan peristiwa penting lainnya dalam sejarah Islam akan dipulihkan dan dikembangkan oleh otoritas Arab Saudi sebagai bagian dari paket proyek tiga tahun dan akan berjalan sampai tahun 2025.


Dicanangkan dalam upacara yang diresmikan oleh Gubernur Madinah, Pangeran Faisal bin Salman, Rabu (19/10/2022), proyek-proyek tersebut termasuk restorasi situs Pertempuran (Parit), sumur Al-Faqir, dan Masjid Al-Qiblatayn.


Sebuah kesepakatan juga telah ditandatangani untuk renovasi di sumur Utsman bin Affan dan Sayed Al-Shuhada Square. Pekerjaan sedang dilakukan pada studi untuk pekerjaan restorasi di lebih dari 100 situs sejarah Islam lainnya di Madinah.


Selama upacara, yang diselenggarakan oleh Otoritas Pengembangan Wilayah Al-Madinah, Otoritas Warisan Saudi, dan Program Pengalaman Peziarah, kepala warisan juga mengumumkan bahwa delapan situs sejarah Islam di Madinah telah dikembalikan ke masa kejayaannya: Masjid Al-Ghamama, Masjid Abu Bakar Al-Siddiq, Masjid Umar ibn Al-Khattab, Masjid Al-Saqiya, Masjid Banu Anif, Masjid Al-Rayah, Sumur Ghars, dan benteng di Benteng Arwa bin Al-Zubair.


Tawfiq Al-Rabiah, Menteri Haji dan Umrah dan Ketua Komite Situs Sejarah Islam, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Madinah. “Komite bekerja untuk mengubah keinginan kepemimpinan Saudi untuk melestarikan warisan Islam menjadi kenyataan yang dapat dinikmati oleh peziarah dan pengunjung lainnya,” ujar Al-Rabiah, seperti dikutip dari Arab News.


“Kerajaan berusaha, melalui proyek-proyek, untuk merehabilitasi dan mengaktifkan situs-situs bersejarah, untuk membuka pintunya bagi para peziarah dan pengunjung dari seluruh dunia, memungkinkan mereka untuk menikmati pengalaman budaya yang kaya, di mana mereka dapat menjelajahi harta sejarah Islam dan belajar tentang budaya asli Saudi,” lanjutnya.


Sejauh ini ada 8 situs yang telah direnovasi. Seperti Masjid Al-Ghamama yang terletak di dekat Masjid Nabawi, dibangun oleh Umar bin Abdul Aziz. Di tempat ini Nabi Muhammad SAW beribadah selama Idul Fitri dan berdoa untuk hujan. Situs ini juga digunakan oleh Utsman bin Affan untuk tujuan yang sama.


Lalu ada Masjid Abu Bakar Al-Siddiq yang dibangun menggunakan gaya arsitektur yang indah. Ini adalah yang kedua dari dua situs, di mana Nabi Muhammad melakukan sholat Ied semasa hidupnya. Khalifah pertama dari Kekhalifahan Rashidun Abu Bakar Al-Siddiq juga berdoa di sini selama Idul Fitri, yang dibangun oleh Umar bin Abdul Aziz.


Ada juga Masjid Umar bin Khattab, Masjid Al-Saqiya, Masjid Bani Anif, Ghars Yah, Masjid Al-Rayah, Benteng di kastil Arwa bin Al-Zubair, dan Benteng pertahanan yang dibangun dari batuan vulkanik, digunakan untuk perlindungan militer.


Sumber : Arabnews.com, Sindonews.com

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved