Guna Membantu Jamaah Haji untuk Berkonsultasi, Pihak Arab Saudi Menyiapkan 100 Ulama


Jeddah, Lensa Islam – Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi telah mengalokasikan 100 ulama untuk menjawab pertanyaan dari jemaah haji selama perjalanan haji mereka.

Tersebar di 10 lokasi berbeda di dalam Masjidil Haram, 100 ulama terdiri dari hakim elite dan anggota fakultas universitas yang dilatih untuk menjawab pertanyaan secara langsung atau melalui telepon melalui tujuh stan yang beroperasi sepanjang waktu.

“Respons yang ditawarkan oleh para ulama kepada jamaah haji sesuai dengan hasil dokumen Fatwa Dua Masjid Suci dan dampaknya dalam memfasilitasi perjalanan jamaah dan Jemaah,” kata Direktur Jenderal Dakwah dan Bimbingan Masjidil Haram, Majid Al-Masoudi.
 
Ulama juga akan memberikan tanggapan tentang ritual haji sejalan dengan fatwa yang sering dikeluarkan untuk menghindari fatwa yang tidak teratur, menyatukan ijtihad (penalaran independen oleh ahli hukum Islam), dan menghindari ucapan rasis dan kebencian.

Selain kepada ulama, jemaah juga dapat menyampaikan pertanyaan mereka untuk dijawab oleh robot di Masjidil Haram. Kepresidenan menawarkan layanan ini di pintu masuk utama area Mataf untuk memanfaatkan teknologi dan kecerdasan buatan.

Robot ini mendukung 11 bahasa untuk memandu peziarah dari seluruh dunia, termasuk Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, Cina, Bengali, dan Hausa.
 
Mereka membimbing jamaah tentang bagaimana melakukan ritual umrah mereka, mengeluarkan fatwa, menjawab pertanyaan dan memberikan kesempatan bagi orang untuk berkomunikasi dengan ulama dari jarak jauh.

Robot beroda empat ini memiliki layar sentuh 21 inci dan sistem penghentian cerdas yang memungkinkan mereka untuk dipindahkan dengan mudah.

Mereka juga memiliki kamera resolusi tinggi untuk kejelasan saat mentransmisikan gambar, headphone resolusi tinggi, dan mikrofon dengan kualitas tangkapan tinggi yang memungkinkan transmisi suara yang jernih. Robot bekerja pada sistem jaringan nirkabel Wi-Fi dengan transmisi data yang cepat dan tinggi.
 
Inisiatif ulama serupa diluncurkan oleh kepresidenan selama musim Ramadhan sebelumnya, dengan 30 ulama Muslim untuk membantu jamaah menjawab pertanyaan mereka tentang kinerja ritual umrah yang benar dan memberikan fatwa.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Below Post Ad