Yaman kecam Koordinator Kemanusiaan PBB karena berpihak pada Houthi

29

Lensaislam.com : Menteri Informasi Yaman Muammar al-Eryani mengkritik koordinator kemanusiaan PBB di Yaman, Lise Grande, karena berpihak kepada kelompok pemberontak Houthi.

Menteri al-Eryani mengkritik ketergantungan misi PBB pada informasi menyesatkan yang disediakan oleh milisi Houthi tanpa mengacu pada pemerintah sah Yaman. Beberapa laporan investigasi PBB terbaru disebut telah menyalahkan pasukan Koalisi Arab atas konflik perang di Yaman.

“Grande bersikeras melakukan tugasnya di Sanaa meskipun Pemerintah yang sah telah memintanya untuk pindah ke Aden. Grande telah bertemu selama beberapa hari terakhir dengan Mahdi al-Mashat, Pemimpin Dewan Politik Tertinggi Houthi,” ungkap al-Eryani, seperti dilansir dari Al Arabiya, Rabu, (15/8/2018).

Al-Eryani menekankan bahwa organisasi internasional telah diberitahu untuk pindah dari Sanaa ke Kota Aden untuk melakukan tugas mereka.

Saat ini Pemerintah sah Yaman di bawah kepemimpinan Presiden Abdurrabbo Mansour Hadi mengendalikan dan memindahkan ibukota sementara ke Kota Aden, sedangkan kota Sanaa masih dikuasai oleh pemberontak Houthi.

PBB baru-baru ini telah memilih mantan koordinator kemanusiaan di Irak, Lise Grande, untuk mengambil tugas yang sama di Yaman, menggantikan Jamie McGoldrick, yang juga dilaporkan oleh pemerintah sah Yaman lebih berpihak kepada milisi Houthi. (DH/MYD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here