Wiranto: Kalau Ada yang Ingin Ganti Pancasila, Harus Dilawan!

432

Lensaislam.com : Mantan Menko Polhukam Jend. (Purn) Wiranto pernah mengungkapkan jika ada yang ingin mengganti ideologi Pancasila, maka harus dilawan. Pernyataan Wiranto tersebut kemudian viral kembali di media sosial di tengah polemik Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Wiranto menekankan pentingnya seluruh elemen bangsa menjaga Pancasila.

“Kalau ada yang ingin mengganti ideologi Pancasila, harus kita lawan. Seluruh elemen masyarakat harus melawan gerakan yang akan mengganti ideologi, tidak hanya TNI atau Polri saja,” ujar Wiranto dalam orasi di hadapan 5.000 mahasiswa, pada Kamis (28/9/2017) silam, seperti dilansir dari Detikcom.

Wiranto menyebut ancaman ideologi lebih berbahaya daripada ancaman militer. Termasuk paham-paham radikal yang dapat memecah-belah bangsa karena ideologi yang menyimpang dari Pancasila.

“Ingat, dalam mempertahankan bangsa Indonesia, para pahlawan bertaruh dengan nyawanya, bertaruh jiwa-raga, hanya untuk kemerdekaan. Jadi perjuangan kita saat ini tidak mungkin sebesar mereka dan jika kita tidak bisa melanjutkan cita-cita dan warisan para pahlawan, tentu ini merupakan kekecewaan bagi mereka para pendahulu,” tambah Wiranto.

RUU HIP ramai mendapat penolakan dari berbagai elemen masyarakat, seperti : MUI, Muhammadiyah, NU, DDII dan Ormas Islam lainnya. RUU tersebut dinilai telah mendistorsi substansi dan makna nilai-nilai Pancasila. (DH/MTD)

Sumber : Detikcom | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY