WHO Naikkan Status Risiko Global Penyebaran Virus Corona ke Level Tertinggi

338

Lensaislam.com : Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menaikkan status risiko global penyebaran virus corona ke level tertinggi. Saat ini sudah 55 negara mengkonfirmasi masuknya virus tersebut dengan angka kematian mendekati 3.000 orang dan lebih 85.000 orang telah terinfeksi. Virus ini telah menjamur ke seluruh dunia selama sepekan terakhir.

“Kami sekarang telah meningkatkan penilaian kami tentang risiko penyebaran dan risiko dampak COVID-19 ke level tertinggi di tingkat global,” kata ketua WHO Tedros Adhanom, seperti dilansir dari Channel News Asia, Sabtu, (29/2/2020).

“Kami belum melihat bukti bahwa virus tersebut dapat menyebar bebas di udara. Selama itu masalahnya, kita masih memiliki peluang untuk membatasi penyebaran virus ini,” tambah Tedros.

“Kunci untuk mengatasi virus ini adalah memutus rantai penularan,” ungkap Tedros sambil menekankan pentingnya upaya setiap individu mengambil tindakan pencegahan untuk menghentikan penularan.

“Musuh terbesar kita bukanlah virus itu sendiri. Tetapi kita, ketakutan kita, rumor, dan stigma dan aset terbesar kita adalah fakta, alasan, dan solidaritas,” ujar Tedros.

Langkah-langkah drastis baru-baru ini telah diberlakukan : Swiss membatalkan semua pertemuan di negara itu. Arab Saudi juga memberlakukan larangan sementara bagi para pengunjung untuk masuk ke Kerajaan untuk ibadah umrah maupun wisata.

Sementara itu, Sekjen PBB menyerukan kepada masyarakat internasional untuk tidak panik. “Ini bukan saatnya untuk panik. Ini saatnya untuk bersiap-siap sepenuhnya,” kata Antonio Guterres. (DH/MTD)

Sumber : Channel News Asia, Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY