Video Detik-detik Ledakan Mengerikan di Beirut: Puluhan Orang Tewas, Ribuan Orang Luka-luka

447

Lensaislam.com : Beberapa rekaman video amatir dari ledakan mengerikan di pusat kota Beirut, Lebanon telah dirilis oleh sejumlah media internasional pada Rabu, (5/8/2020). Setidaknya 70 orang tewas dan lebih dari 3.000 orang terluka dalam ledakan tersebut.

Banyak bangunan di area ledakan menjadi rusak dan hancur. Ledakan berkekuatan besar itu juga terdengar lebih dari 20 kilometer dari Beirut dan warga di Siprus mengatakan mereka juga merasakan ledakan tersebut.

“Penyelidikan sedang dilakukan untuk menentukan penyebab ledakan. Ledakan berasal dari gudang yang menyimpan sekitar 2.750 ton amonium nitrat di Pelabuhan Beirut yang merupakan barang sitaan sejak 2014, yang merupakan bahan-bahan yang sangat eksplosif,” ungkap Perdana Menteri Hassan Diab, seperti dilansir dari Al Arabiya, Rabu, (8/5/2020).

Laporan awal dan laporan saksi mata menunjukkan bahwa ada dua ledakan terpisah. Gubernur Beirut Marwan Abboud mengatakan petugas pemadam kebakaran dikirim untuk memadamkan api dari ledakan tersebut. “Ketika mereka memadamkan api, sebuah ledakan terjadi dan kami telah [kehilangan mereka],” kata Abboud sambil menangis saat melakukan siaran LIVE di TV.

Seorang warga Beirut mengatakan kepada Al Arabiya bahwa “Kami mendengar ledakan keras, dan kemudian mendengar pesawat terbang dan ledakan lagi. Seluruh rumah bergetar,” kata seorang warga di Beirut kepada Al Arabiya. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY