Survei : Mayoritas Generasi Muda Arab Anggap AS dan Iran Sebagai Musuh

73

Lensaislam.com : Hasil survei terbaru yang dirilis “ASDA’A BCW Arab Youth Survey 2019” yang berbasis di Dubai, UEA mengungkapkan bahwa mayoritas generasi muda di negara-negara Arab memandang Amerika Serikat dan Iran sebagai musuh.

Jumlah generasi muda Arab yang memandang Amerika Serikat sebagai musuh telah meningkat sejak Presiden Donald Trump terpilih pada tahun 2017. Sementara Iran sudah lama dianggap musuh oleh mayoritas negara Arab.

Survei tahunan yang dilakukan ASDA’A telah berjalan sejak 2008. Survei mencakup 3.300 wawancara tatap muka dengan pemuda Arab berusia 18 hingga 24 tahun. Wawancara dilakukan antara 6 dan 29 Januari di 15 negara Arab, termasuk Bahrain, Kuwait, Oman, Arab Saudi, UEA, Aljazair, Mesir, Libya, Maroko, Tunisia, Yordania, Irak, Lebanon, Wilayah Palestina dan Yaman.

Hasilnya menemukan bahwa persentase pemuda Arab yang memandang AS sebagai musuh telah meningkat hampir dua kali lipat sejak 2016. Pada 2016, menjelang akhir kepresidenan Barack Obama, 32 persen mengatakan mereka memandang AS sebagai musuh. Ini naik menjadi 49 persen pada 2017 ketika Donald Trump terpilih menjadi Presiden AS dan tahun ini meningkat di angka 59 persen.

Ketika ditanya negara mana yang mereka anggap sebagai musuh, 67 persen responden survei mengatakan Iran, 36 persen mengatakan Rusia dan hanya 7 persen mengatakan UEA.

Sementara itu, favoritisme terhadap Rusia telah meningkat. Ketika pemuda Arab ditanyai negara mana antara AS atau Rusia yang merupakan sekutu terkuat mereka, hasilnya terpecah, dengan 38 persen mengatakan AS, 37 persen mendukung Rusia dan 25 persen ragu-ragu.

Arab Saudi dianggap tetap memiliki pengaruh yang kuat di wilayah ini. 60 persen responden mengatakan kematian jurnalis Jamal Khashoggi tahun lalu tidak akan memiliki dampak negatif jangka panjang terhadap citra Arab Saudi di luar negeri atau di dunia Arab. (DH/MTD)

Hasil lengkap survei ini dapat dilihat langsung di situs https://www.arabyouthsurvey.com/

Sumber : Arabian Bussiness | Redaktur : Hermanto Deli

Berikan Tanggapan Anda

comments

LEAVE A REPLY