(Seminar Pencegahan Radikalisme), Ustadz Hendri Waluyo Lensa, Lc, M.Hum : Apa Yang Kita Lakukan Ketika Melihat Adanya Kemungkaran

594

Lensa Islam : Dalam sesi ketiga kegiatan seminar internasional pencegahan Radikalisme yang diadakan oleh STDI Imam Syafi’i Jember ada sesi materi apabila kita melihat kemungkaran yang terjadi maka apa yang akan kita lakukan.

Sesi materi ini kemudian dikupas oleh Ustadz Hendri Waluyo Lensa, Lc, M.Hum selaku salah seorang dosen STDI Imam Syafi’i Jember yang menguraikan panjang lebar soal tema tersebut.

“Ketika melihat kemungkaran yang terjadi ada caranya. Apakah bisa mengurangi atau menambah masalah yang ada. Karena kita juga tidak mengecilkan lembaga pendidikan yang ada dalam pemahaman tentang makna Radikal,” tutur Ustad Hendri

Menurut beliau, kokoh dengan keyakinan yang kita punya itu adalah sebuah prinsip. Tapi bukan berarti kita juga bisa menumpahkan darah sesama manusia sesukanya.

“Apapun yang terjadi kita tetap kokoh dengan keimanan kita. Serta yang dimaksud radikalisme itu adalah selama kita yakin tetap saja lakukan yg bisa kita lakukan. Begitu juga kita diberi izin untuk tegas dalam membela diri,” ujarnya.

Masih menurut beliau. Contoh yang bisa kita ambil adalah ketika Bung Karno dan Agus Salim pernah ditangkap krna punya pendirian yang tegas. Maka pilihan bersikap tegas akan segala yang diyakini adalah keniscayaan.

“Dalam banyak ayat dan hadist yang ada juga sudah dijelaskan tentang tata cara bernegara dan bermasyarakat. Semua itu haruslah Syumuliah. Karena kita tidaklah anti kritik tapi juga tetap butuh masukan yang ada,” pungkasnya.

comments

LEAVE A REPLY