Sejarah Kenapa Negara Kita Diberi Nama Indonesia

85

Lensa Islam : Jauh sebelum nama ‘Indonesia’ dikumandangkan dan dikenal oleh rakyat di tanah air ini sampai ke seluruh dunia. Mereka biasa memberikan nama untuk tanah airnya sebagai julukan ‘Nusantara’.

Perlu untuk kita ketahui bersama jika, arti dari Nusantara itu sendiri memiliki maknda dan berasal dari bahasa Jawa kuno yang berarti ‘Nusa’ adalah sebuah pulau dan ‘Antara’ merupakan sebuah hubungan. Meskipun nama nusantara saat ini telah diganti dengan nama Indonesia, nama nusantara sendiri saat ini masih dipakai yang merujuk pada istilah kepulauan itu sendiri.

Dan bagaimana ceritanya nama ‘Indonesia’ itu muncul dan akhinrya dipakai sebagai nama pada negara kita sekarang ini ? Kita bisa liat dan baca bersama pada sebuah buku yang berjudul ‘Journal The Indian Archipelago and Eastern Asia’ edisi ke-4 di tahun 1850, ada dua orang Belanda yg bernama James Richardson Logan bersaam George Samuel Windson Earl ternyata telah mengusulkan dua istilah berbeda untuk memberikan nama untuk negara ini, Earl yang mengusulkan dan memberikan nama ‘Malayunesia’ karena pada saat itu daerah Nusantara memang banyak dihuni oleh ras melayu.

Sedangkan si Logan lebih menyukai nama ‘Indunesia’ karena letak ragam bahasa serta letak geografisnya yang memamng lebih dekat dengan Indian Island (India). Namun seiring dengan berjalannya waktu, mereka berdua akhinrya sudah menyepakati dengan cara mengganti huruf ‘U’ pada Indunesia dengan menjadi huruf ‘O’, yang berarti sejak saat itu nama ‘Indonesia’ dan baru mulai dikenal di seluruh dunia.

Nama Indonesia sendiri asal muasanya yakni dari bahasa latin yang berarti jika ‘Indo’ adalah (Hindia) dan ‘Nesioi’ yang merupakan bentuk dari jamak ‘Nesos’ (yang diartikan menjadi pulau-pulau), sehingga apabila kita gabungkan berarti suatu wilayah yang terdiri dari atas pulau-pulau.

Setelah nama Indonesia telah ditetapkan oleh Earl dan Logan, akhinrya seorang dokter dan guru besar etnologi asal Berlin University bernama Adolf Bastian akhinrya mempromosikan dan kemudian memperkenalkan nama Indonesia ke seluruh dunia.

Sejak detik itu juga, orang-orang mulai mengenal Nusantara sebagai negara Indonesia. Bahkan saat adanya kongres pemuda yang dilaksanakan tepatnya di tahun 1928 di Jakarta, atau yang biasa dikenal sebagai ‘Sumpah Pemuda’, akhirnya orang-orang yang terlibat pada peristiwa penting itu semuanya sudah sepakat jika memakai nama ‘Indonesia’ sebagai nama resmi dari namq negara ini.

Berikan Tanggapan Anda

comments

LEAVE A REPLY