Rouhani Sebut Serangan ke Kilang Minyak Saudi Merupakan Aksi Balas Dendam Houthi

152

Lensaislam.com : Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa serangan terhadap fasilitas kilang minyak Saudi merupakan aksi balas dendam dari kelompok pemberontak Houthi Yaman. Pernyataan Rouhani ini secara tidak langsung telah mengkonfirmasi keterlibatan Iran dalam mendukung kelompok milisi tersebut.

“Orang-orang Yaman (Houthi) menggunakan hak pertahanan mereka yang sah. Serangan itu merupakan aksi balas dendam milisi Houthi terhadap serangan Koalisi Arab di Yaman selama bertahun-tahun,” kata Rouhani, seperti dilansir dari Reuters, Selasa, (17/9/2019).

Kelompok Houthi yang didukung oleh Iran yang saat ini mengendalikan ibukota Sanaa mengklaim sebagai pihak yang melakukan serangan terhadap kilang minyak Saudi tersebut.

Serangan menggunakan pesawat tak berawak terhadap dua kilang minyak Saudi Aramco terjadi pada Sabtu kemarin di Abqaiq dan Hijrat Khurais, Arab Saudi. Serangan pada hari Sabtu tersebut disebut bisa mengganggu pasokan minyak dunia.

Berdasarkan investigasi Koalisi Arab menunjukkan bahwa senjata yang digunakan dalam serangan tersebut merupakan senjata buatan Iran. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli

Berikan Tanggapan Anda

comments

LEAVE A REPLY