Rezim Assad dan Pesawat Tempur Rusia Lancarkan Serangan Gas Beracun di Idlib, Suriah

193

Lensaislam.com : Pemantau dan pekerja sipil di Suriah menyebut Rezim Assad dan pesawat tempur Rusia melakukan serangan gas beracun di sebuah kota yang dikuasai pemberontak di Suriah utara, menewaskan puluhan orang dan melukai ratusan lainnya.

Persatuan Pelayanan Medis dan Organisasi Bantuan, koalisi organisasi kemanusiaan dan medis Barat menyebutkan, korban tewas mencapai 100 orang dan lebih dari 350 lainnya luka-luka. Demikian sebagaimana dilansir dari VOA, Rabu, (5/4/2017).

Aktivis oposisi Suriah menggambarkan serangan itu sebagai yang terburuk dalam perang saudara brutal enam tahun dan kelompok oposisi politik utama, Koalisi Nasional Suriah, menyebut serangan itu sebagai “pembantaian mengerikan.”

Observatory menyatakan, sumber-sumber medis di kota tersebut melaporkan gejala-gejala yang dialami korban termasuk pingsan, muntah dan mulut berbusa. Diimbuhkan bahwa puluhan orang lainnya mnegalami masalah pernapasan dan gejala lainnya.

Sebagian besar wilayah Provinsi Idlib dikuasai oleh aliansi Fateh al-Sham Front, bekas afiliasi Al-Qaeda. Wilayah itu kerap menjadi target serangan udara rezim Suriah serta pesawat-pesawat tempur Rusia yang merupakan sekutu utama Suriah. Idlib juga telah beberapa kali dibombardir oleh koalisi pimpinan Amerika Serikat untuk memerangi kelompok ISIS.

Sementara itu, Rusia telah “membantah” memainkan peran apapun dalam serangan itu. Pemerintah Suriah juga membantah menggunakan senjata kimia terhadap warga sipil. (DH/MTD)

Sumber : VOA

Berikan Tanggapan Anda

comments

LEAVE A REPLY