Raja Salman Undang Emir Qatar untuk Menghadiri KTT GCC ke 40 di Riyadh

321

Lensaislam.com : Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud telah mengundang Emir Qatar untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Dewan Kerjasama Teluk (GCC) yang ke-40 di Riyadh, Arab Saudi. KTT GCC dijadwalkan akan berlangsung pada 10 Desember pekan depan.

“Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani telah menerima surat undangan dari Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Kerajaan Arab Saudi untuk menghadiri sesi ke-40 Dewan Kerjasama Teluk (GCC),” kata Kementerian luar negeri Qatar, seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (4/12/2019).

“Surat itu diterima oleh Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani, selama pertemuannya hari ini dengan Sekretaris Jenderal GCC Abdullatif bin Rashid Al Zayani,” tambah pernyataan tersebut.

Tidak disebutkan apakah Emir Qatar akan menghadiri undangan tersebut. Namun undangan tersebut datang di tengah tanda-tanda mulai berkurangnya ketegangan antara kedua negara sejak blokade Teluk 2 tahun lalu.

Sejak Juni 2017, Blok Teluk (Arab Saudi, Uni Emirat Arab ( UEA ), Bahrain, dan Mesir) telah memberlakukan blokade darat, udara dan laut terhadap Qatar atas tuduhan sponsor terorisme global. Namun Qatar berulang kali dengan keras menolak tuduhan tersebut.

KTT GCC ke-40 pekan depan akan membahas beberapa topik utama di antaranya perkembangan politik regional dan internasional serta situasi keamanan di kawasan itu dan dampaknya pada keamanan dan stabilitas politik, sosial, ekonomi dan pertahanan negara-negara GCC.

Sumber : Al Jazeera, Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY