Putin Minta 5 Negara Bersenjata Nuklir Cegah Terjadinya Perang Dunia

47

Lensaislam.com : Presiden Rusia Vladimir Putin meminta lima negara bersenjata nuklir untuk bekerja sama mencegah terjadinya perang dunia. Putin mengatakan lima negara tersebut yang juga merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB : AS, Cina, Rusia, Inggris dan Prancis memiliki tanggung jawab khusus untuk menjaga perdamaian dunia.

“Kelima negara ini harus mulai menyusun langkah-langkah yang bertujuan mencegah kondisi apa pun yang dapat memicu terjadinya perang dunia dan mengembangkan pendekatan baru untuk mengamankan stabilitas planet ini,” kata Putin, seperti dilansir dari Russia Today, Kamis, (16/1/2020).

Putin menyatakan keprihatinan mendalam atas meningkatnya ketegangan baru-baru ini antara AS dan Iran, yang hampir membuat kedua negara berada di ambang perang. Putin mendesak semua orang untuk menahan diri dan mencari cara diplomatik untuk meredakan konflik.

Berbicara mengenai keamanan nasional Rusia, Putin menyatakan bahwa Moskow tidak mengancam siapa pun dan tidak berusaha memaksakan kehendaknya di negara-negara lain.

“Rusia tidak sedang berlomba dengan siapa pun dalam hal kemampuan pertahanannya. Sebaliknya itu adalah negara-negara lain yang berlomba untuk mengembangkan senjata canggih yang sudah dimiliki Rusia,” ungkap Putin.

Pada tahun 2018 lalu, Putin telah meluncurkan sejumlah senjata canggih – termasuk rudal Kinzhal yang berkemampuan nuklir, yang dapat dipasang pada jet tempur. (DH/MTD)

Sumber : Russia Today | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY