Presiden Sudan Digulingkan oleh Militer dan Dijebloskan ke Penjara

149

Lensaislam.com : Setelah berkuasa lebih dari 30 tahun, Presiden Omar Al-Bashir akhirnya digulingkan oleh Angkatan Bersenjata Sudan pada pekan lalu, Kamis, (11/4/2019). Setelah digulingkan, Omar Al-Bashir dijebloskan ke Penjara Kobar di ibukota Khartoum.

Bashir ditahan di bawah pengamanan ketat di sel isolasi, kata seorang sumber di penjara seperti dilansir dari Al Arabiya, Kamis, (18/4/2019).

Sejak penggulingannya oleh militer pada Kamis pekan lalu, kendali negara kini berada di tangan militer yang membentuk pemerintahan sementara yang akan memimpin negara itu selama dua tahun hingga diselenggarakannya pemilu.

“Militer sekarang akan membentuk pemerintah sementara yang akan memimpin negara selama dua tahun. Semua departemen pemerintah sekarang telah dibubarkan namun pengadilan akan terus beroperasi seperti biasa,” kata Menteri Pertahanan Sudan Awad Ibn Auf seperti dikutip dari Middle East Monitor.

Militer menggulingkan Bashir setelah aksi protes rakyat selama berminggu-minggu yang telah membuat ribuan orang turun ke jalan untuk menuntut berakhirnya pemerintahan Al-Bashir. (DH/MTD)

Sumber : Al ArabiyaMiddle East Monitor | Redaktur : Hermanto Deli

Berikan Tanggapan Anda

comments

LEAVE A REPLY