Presiden Erdogan Ucapkan Selamat kepada Muqtada Al-Sadr atas Kemenangan dalam Pemilu Irak

68

Lensaislam.com : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengucapkan selamat kepada Muqtada Al-Sadr melalui panggilan telepon atas kemenangan Koalisi Al-Sadr dalam pemilu Irak. Erdogan berharap al-Sadr bisa membentuk pemerintahan baru Irak dengan baik. Erdogan juga menyatakan dukungan Turki untuk persatuan Irak.

Presiden Erdogan menyoroti laporan dugaan kecurangan pemilu di sejumlah wilayah yang dihuni oleh etnis Turkmen di Kirkuk. Presiden Erdogan meminta al-Sadr untuk menyelidiki laporan tersebut, seperti dilansir dari Kantor Berita Turki, Anadolu Agency, Sabtu, (26/5/2018).

Sebagaimana dilaporkan, Etnis Turkmen yang berada di kota Kirkuk di Irak utara terus melakukan demonstrasi menentang hasil pemilihan parlemen pada 12 Mei lalu di negara itu.

Setiap hari sepanjang pekan ini, masyarakat Turkmen berkumpul di pusat kota Kirkuk dan meneriakkan slogan-slogan mengecam pemilu Irak dan menyebutnya sebagai pemilu curang dan penipuan, yang menurut mereka telah merusak pemilihan.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Irak telah mengumumkan bahwa mereka telah membatalkan semua surat suara di 103 TPS di provinsi Baghdad, Anbar, Niniwe, Saladin, dan Erbil. Namun belum jelas apakah pembatalan itu akan mempengaruhi hasil akhir pemilu Irak.

Menurut hasil pemilu, koalisi Muqtada al-Sadr memenangkan 54 kursi parlemen, diikuti oleh koalisi Hashd al-Shaabi (47 kursi) dan Koalisi Perdana Menteri Irak saat ini, Haidar al-Abadi (42 kursi). Partai Demokrat Kurdistan yang berbasis di Erbil, mendapat 25 kursi parlemen. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here