Presiden Erdogan Akan Resmikan Masjid Terbesar Eropa di Jerman

43

Lensaislam.com : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan meresmikan Masjid Terbesar Eropa di Kota Cologne, Jerman pada tanggal 29 September 2018 mendatang. Masjid ini didirikan oleh Germany’s Turkish-Islamic Union for Religious Affairs (DITIB), organisasi persatuan Islam keturunan Turki-Jerman.

“Presiden Recep Tayyip Erdogan akan secara resmi membuka masjid DITIB di Cologne pada 29 September selama kunjungan kenegaraannya ke Jerman. DITIB telah menerima konfirmasi bahwa presiden Turki akan menghadiri upacara pembukaan masjid,” bunyi pernyataan DITIB, seperti dilansir dari Sputnik, Kamis, (20/9/2018).

DITIB, yang mengelola lebih dari 900 masjid di Jerman merupakan sebuah organisasi resmi Jerman yang bersifat independen. Para imam dan da’inya dikirim oleh Lembaga Keagamaan Turki, Direktorat Diyanet yang melapor secara resmi ke pemerintah kedua negara.

Masjid yang terletak di lingkungan komunitas Turki di Cologne, dan mampu menampung dengan kapasitas 1.100 orang telah dinobatkan sebagai masjid terbesar di Eropa. Namun, Masjid belum dibuka setiap hari karena belum dibuka secara resmi.

Spekulasi tentang peresmian Masjid ini oleh Presiden Erdogan telah memicu perdebatan di Jerman menjelang kunjungan kenegaraannya selama dua hari ke Jerman pada 28 September mendatang.

Seperti diketahui, banyak politisi di Jerman yang mengecam kebijakan otoriter Erdogan di Turki. Beberapa tahun terakhir, hubungan Jerman dan Turki juga sempat memanas atas kasus penangkapan jurnalis media Jerman oleh pihak keamanan Turki atas tuduhan mata-mata. (DH/MTD)

Sumber : Sputnik | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here