Polisi Bubarkan Paksa Parade LGBT di Turki Karena Telah Dilarang Pemerintah

67

Lensaislam.com : Ratusan orang mengikuti Parade LGBT di Kota Istabul, Turki pada hari Ahad kemarin, meskipun ada larangan dari pemerintah untuk perayaan tersebut. Mereka berkumpul di jantung kota Istanbul selama kurang dari satu jam sebelum dibubarkan paksa oleh polisi.

Para polisi menggunakan peluru plastik dan gas air mata untuk membubarkan para peserta parade. Akhirnya terjadi bentrokan antara para peserta dan pihak keamanan. Setidaknya 11 aktivis LGBT dilaporkan ditahan oleh pihak berwenang, seperti dilansir dari The Independent, Kamis, (5/7/2018).

Parade Lesbian Gay Bisexual Transgender Intersex (LGBTI) telah dilarang oleh pemerintah Turki selama empat tahun terakhir. Parade ini terakhir diselenggarakan pada tahun 2014, ketika diperkirakan 90.000 orang dilaporkan berpartisipasi dalam parade tersebut.

Tahun berikutnya, Pemerintah Turki secara resmi melarang acara tersebut. Pada tahun 2015, 2016, 2017 dan sekarang 2018 hanya beberapa ratus aktivis LGBT yang hadir dalam parade tersebut. Polisi Turki menindak tegas acara tersebut dan membubarkan paksa seperti tahun-tahun sebelumnya.

Setelah terpilih kembali menjadi Presiden Turki pada bulan Juni lalu, Presiden Erdogan dan mitra aliansi pemerintahannya telah sepakat untuk tidak memberikan izin kepada aktivis LGBT untuk mengadakan parade. Meskipun ada desakan dari pegiat aktivis HAM Turki untuk mencabut larangan itu. (DH/MTD)

Sumber : The IndependentTurkey Purge | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here