Pesawat Tempur Israel Gempur Pangkalan Udara di Homs, Suriah

53

Lensaislam.com : Tentara Suriah mengatakan pesawat tempur Israel menyerang pangkalan udara t4 di Provinsi Homs, Suriah. Tidak ada korban jiwa dalam serangan tersebut namun menyebabkan kerusakan material di pangkalan.

“Jet Israel telah menyerang pangkalan udara T4 di provinsi Homs. Pertahanan udara Suriah berhasil menjatuhkan beberapa rudal namun empat rudal Israel mencapai pangkalan,” ungkap juru bicara militer Suriah, seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (15/1/2020).

“Angkatan udara Israel mulai melakukan agresi udara terbaru di wilayah Suriah,” ungkap juru bicara tersebut.

Pernyataan militer Suriah mengatakan pesawat tempur Israel terbang dari Tanf ke tenggara Suriah, di mana AS telah mendirikan pangkalan di dekat perbatasan Suriah dengan Irak dan Yordania.

Pangkalan Tanf dijadikan AS sebagai benteng melawan Iran dan bagian dari kampanye melawan pengaruh Iran di Irak dan Suriah karena terletak di jalan raya Damaskus-Baghdad yang strategis, rute pasokan utama untuk senjata Iran ke Suriah.

Televisi pemerintah Suriah awalnya tidak mengatakan siapa yang berada di belakang serangan terhadap pangkalan udara Homs, yang terletak sekitar 40 kilometer (25 mil) dari kota Palmyra.

Israel mengatakan pangkalan itu merupakan basis militer IRGC di Suriah yang sudah beberapa kali ditargetkan dalam  beberapa tahun terakhir. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY