Perusahaan Malaysia Disebut Penyebab Kebakaran Hutan di Indonesia, Ini Jawaban Mahathir

121
Image : https://www.worldbulletin.net

Lensaislam.com : Perdana Menteri Malaysia Tun Dr. Mahathir Mohamad menanggapi pernyataan Pemerintah Indonesia yang menyebut perusahaan milik Malaysia sebagai penyebab kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

“Kami akan melihat buktinya, karena mereka (Indonesia) mengklaim bahwa ini berasal dari Malaysia, jadi kami harus memverifikasi apakah itu berasal dari Malaysia atau tidak,” kata Mahathir, seperti dilansir dari The Star, Senin, (16/9/2019).

Dr Mahathir juga ditanya apakah dia telah menulis surat kepada Presiden Indonesia Joko Widodo terkait masalah tersebut. “Saya belum menulis apa-apa,” jawab Mahathir.

Dr Mahathir menambahkan bahwa Malaysia selalu ingin membuat rencana jangka panjang untuk mengatasi kabut asap tetapi akan membutuhkan kerja sama dari negara lain.

“Ini membutuhkan kerja sama negara-negara lain, jadi sampai kita mendapatkan kerja sama itu, tidak mungkin bagi kita untuk memiliki rencana sendiri,” ujar Mahathir.

Dilansir dari Detikcom, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan 5 perusahaan asing asal Singapura dan Malaysia sebagai penyebab kebakaran hutan dan lahan. Sebanyak 4 perusahaan berlokasi di Kalimantan Barat dan 1 perusahaan di Riau.

Sumber : The Star, Detikcom | Redaktur : Hermanto Deli

Berikan Tanggapan Anda

comments

LEAVE A REPLY