Pengakuan Tentara Myanmar tentang Pembantaian Rohingya: “Tembak Semua yang Anda Lihat!”

167

Lensaislam.com : Dua anggota militer Myanmar telah mengakui kekejaman mereka terhadap minoritas Muslim Rohingya di Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), Den Haag Belanda. Kedua tentara itu mengakui bertindak atas perintah dari komandan senior mereka untuk memusnahkan semua etnis Rohingya.

“Tembak semua yang Anda lihat dan yang Anda dengar!”, ungkap Myo Win Tun dalam kesaksiannya dengan nada datar menirukan perintah komandannya seperti dilansir dari Anadolu Agency, Rabu, (9/9/2020).

Myo Win Tun juga mengatakan bahwa dia terlibat dalam pembantaian 30 Muslim Rohingya dan mengubur mereka di kuburan massal dekat menara sel dan pangkalan militer.

Sementara itu,  Pvt. Zaw Naing Tun juga mengatakan bahwa dia dan rekan-rekannya di batalion lain juga mengikuti arahan yang hampir sama dengan Myo Win Tun.

“Bunuh semua yang Anda lihat, baik anak-anak atau orang dewasa!. Kami memusnahkan sekitar 20 desa,” ungkap Zaw Naing Tun dan menambahkan bahwa dia juga membuang mayat ke kuburan massal.

Dilansir dari SBS, kesaksian dari kedua tentara tersebut adalah untuk pertama kalinya anggota Tatmadaw, sebutan bagi militer Myanmar, secara terbuka mengaku terlibat dalam aksi genosida terhadap etnis Muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency, SBS | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY