Pemilu Turki Digelar Besok, 24 Juni 2018, 56 Juta Jiwa Siap Berikan Suara

27

Lensaislam.com : Turki akan menggelar pemilu besok, Ahad, 24 Juni 2018 untuk pemilihan Presiden dan Parlemen Turki. Sebanyak 56.322.632 pemilih siap untuk mengikuti proses pemilu besok yang akan berlangsung dari pukul 08.00-17.00 waktu setempat (05.00-14.00 GMT).

Pemilih akan dapat memberikan suara setelah mereka menunjukkan kartu identitas atau dokumen identifikasi resmi lainnya. Pemilih dilarang membawa kamera atau telepon seluler ke bilik suara, seperti dilansir dari Anadolu Agency, (23/6/2018).

Para pemilih akan mendapatkan dua surat suara terpisah dalam satu amplop yang sama – satu untuk pemilihan presiden dan yang lainnya untuk pemilihan parlemen.

Setelah pemungutan suara berakhir, kertas suara untuk calon presiden akan dihitung terlebih dahulu.

Ada delapan partai politik yang berpartisipasi dalam pemilihan parlemen yang mencakup : Partai Keadilan dan Pembangunan (AK), Partai Rakyat Republik (CHP), Partai Rakyat Demokratik (HDP), Partai Pembebasan (Huda-Par), Partai Baik (IYI), Partai Gerakan Nasionalis (MHP), Partai Felicity (Saadet) dan Partai Patriotik (Vatan).

Sementara itu ada enam kandidat calon presiden, yaitu : Recep Tayyip Erdogan dari Koalisi Partai AK dan MHP, Muharrem Ince untuk CHP, Selahattin Demirtas untuk HDP, Meral Aksener untuk Partai Baik (IYI), Temel Karamollaoglu untuk Partai Felicity (Saadet), dan Dogu Perincek untuk Partai Patriotik (Vatan).

Selama pemilu berlangsung, 38.480 polisi, empat helikopter polisi, delapan perahu, 85 kendaraan meriam air anti huru hara, 90 kendaraan lapis baja dan tiga regu drone akan bertugas untuk menjaga keamanan. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here