Pakistan Peringatkan India : Kami Akan Membalas Jika Diserang

22

Lensaislam.com : Perdana Menteri Pakistan Imran Khan Pakistan menyatakan bahwa negaranya siap membantu India menyelidiki serangan paling mematikan di Kashmir dalam beberapa dasawarsa terakhir, tetapi juga akan siap membalas jika India melakukan serangan terhadap Pakistan.

“Pakistan tidak akan hanya berpikir untuk membalas. Pakistan benar-benar akan membalas,” kata Khan dalam pidato yang disiarkan secara nasional, seperti dilansir dari Arabnews, Rabu, (20/2/2019).

Imran Khan menyerukan New Delhi untuk berbagi bukti mengenai keterlibatan Islamabad dalam ledakan bunuh diri pekan lalu di Kashmir yang dikuasai India, yang menewaskan sedikitnya 41 polisi paramiliter India.

India menyalahkan Pakistan atas serangan tersebut. Perdana Menteri India Narendra Modi memperingatkan Pakistan untuk mengambil sikap terhadap kelompok militan yang dituding melakukan serangan tersebut.

Kelompok Jaish-e Mohammad, sebuah kelompok militan yang berbasis di Pakistan yang menginginkan negara bagian India Jammu dan Kashmir menjadi bagian dari Pakistan, mengaku bertanggung jawab tetapi pemerintah Pakistan membantah terlibat dengan kelompok tersebut.

Sementara itu, Menteri luar negeri Pakistan mengimbau Sekretaris Jenderal PBB untuk membantu meredakan ketegangan dengan India.

“Dengan perasaan mendesak saya menarik perhatian Anda pada situasi keamanan yang memburuk di wilayah kami akibat ancaman penggunaan kekuatan terhadap Pakistan oleh India,” ungkap Shah Mahmood Qureshi menulis surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Jammu dan Kashmir yang mayoritas Muslim yang terletak di perbatasan antara India dan Pakistan, telah terjadi konflik sejak pemisahan India pada 1947. Kontrol dibagi antara kedua negara tetapi masing-masing negara mengklaim wilayah tersebut secara penuh. Setidaknya telah terjadi peperangan sebanyak tiga kali antara India-Pakistan sejak 1947. (DH/MTD)

Sumber : Arabnews | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here