NATO Tidak Akan Membantu Israel Jika Berperang dengan Iran

50

Lensaislam.com : Blok militer NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) mengatakan bahwa NATO tidak akan memberikan bantuan kepada Israel jika negara Yahudi tersebut berperang dengan Iran. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

“Israel adalah mitra kami, tetapi bukan anggota NATO. Jaminan keamanan Pasal 5 tidak berlaku untuk Israel,” ungkap Jens Stoltenberg kepada majalah Jerman, Spiegel, seperti dikutip dari Sputnik, Ahad, (3/6/2018).

Pasal 5 dari perjanjian NATO yang dimaksud Stoltenberg adalah bahwa serangan terhadap satu sekutu dianggap sebagai serangan terhadap semua sekutu, tetapi itu tidak berlaku bagi negara yang hanya ditunjuk sebagai “mitra” aliansi.

Karena Israel adalah mitra, dan bukan anggota blok NATO, maka NATO tidak dapat memberikan bantuan maupun jaminan keamanan apa pun kepada Israel di tengah ketegangan di Timur Tengah akhir-akhir ini.

Stoltenberg menambahkan bahwa NATO tidak terlibat dalam upaya perdamaian di Timur Tengah, atau dalam konflik di wilayah tersebut. “Ini bukan tugas kami,” ujar Stoltenberg, seperti dikutip dari RT.

Israel dengan Iran telah lama terlibat dalam perang kata-kata, namun kedua negara belum pernah terlibat secara langsung dalam kontak militer. Baru-baru ini, Israel mengecam kehadiran militer Iran di perbatasan Suriah-Israel, dan mengancam akan menyerang jika memasuki wilayah perbatasannya. (DH/MTD)

Sumber : SputnikRT | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here