Multaqo Ulama dan Da’i se-Asia Tenggara, Afrika dan Eropa ke-V Digelar di Jakarta

172

Lensaislam.com : Rabithah Ulama dan Da’i se-Asia Tenggara bekerja sama dengan Yayasan Al-Manarah Al-Islamiyah kembali menggelar Multaqo (Pertemuan) Ulama dan Da’i se-Asia Tenggara, Afrika, dan Eropa yang kelima. Pertemuan kali ini diadakan di Hotel Grand Cempakan, Jakarta berlangsung pada Selasa-Jumat (03-06/07/2018).

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pembina Yayasan Al-Manarah Al-Islamiyah Syeikh Khalid Al-Hamudi menegaskan, dalam al-Qur’an dan as-Sunnah lebih banyak ditemukan alasan untuk bersatu daripada berpecah.

“Sebab utama digelarnya acara ini adalah sebagaimana tema yang diangkat yakni Wa’tashimu Bihablillah Jamiaan Wa Laa Tafarraquu,” ungkap Syeikh Hamudi dalam sambutannya.

Oleh karena itu, sambung Syeikh Khalid, pihaknya sangat ingin menerapkan makna tema tersebut ke dalam pertemuan itu. “Apa yang mempersatukan kita lebih banyak ketimbang menceraikan kita,” tegasnya.

Acara Multaqo tersebut dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Serta dihadiri lebih dari 500 peserta dari dalam negeri, terdiri dari para ulama, cendekiawan, dai, dan para utusan pimpinan ormas Islam. Seperti, MUI, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, PERSIS, Wahdah Islamiyah, Dewan Dakwah Islamiyah, FPI, Al-Irsyad, Syarikat Islam, An-Najat al-Islamiyah, PUI, Al-Washliyah, Hidayatullah, GP Anshar DKI, dan ormas-ormas lainnya.

Juga lebih dari seratus ulama dan da’i datang sebagai undangan dari negara-negara Asia Tenggara dan beberapa ulama dan tokoh utusan dari negara-negara Afrika dan Eropa, serta belasan duta besar negara-negara Islam untuk Indonesia.

Forum Akbar tahunan ini konsisten dengan pengembangan wacana dakwah yang murni tanpa ditunggangi kepentingan-kepentingan politik pragmatis. Acara forum internasional ini sendiri telah menjadi agenda tahunan dari program kerja Rabithah Ulama dan Dai Asia Tenggara sejak didirikannya pada tahun 2014.

Multaqa Pertama diselenggarakan di Depok Tahun 2014 sebagai tahun pembentukan Rabithah. Multaqa yang kedua tahun 2015 diselenggarakan di Lembang-Bandung dengan tema “Waman Ahsanu Qaulan..”, Mutaqa yang ketiga diselenggarakan di Centul-Bogor dengan tema Ummatan Wasatha. Multaqa ke empat tahun 2017 diselenggarakan di Kota Padang dengan Tema “Wihdatul Ummat”. (DH/MTD)

Sumber : HidayatullahIslamic News Agency (INA)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here