MUKISI Akan Menggelar Pameran Kesehatan Islam Akhir Bulan Depan

217

Lensa Islam : Perkembangan halal life style saat ini menjadi indikator kuatnya kebutuhan masyarakat akan produk dan jasa yang halal, tidak terkecuali pada bidang Halal Healthcare dengan
adanya penetapan rumah sakit syariah di Indonesia.

Kondisi demikian memberikan peluang, tantangan dan potensi besar dunia perumah sakitan dan usaha penyerta lain dibidang kesehatan di Indonesia.

Atas perkenan Allah Subhanahuwata’ala, Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh
Indonesia (MUKISI) masih mampu melanjutkan agenda dakwahnya melalui upaya kesehatan
islam yang tersebar di seantero Nusantara. Untuk itu organisasi tersebut mengadakan kegiatan untuk mempertemukan segenap komponen ummat yang memiliki perhatian pada pembelaan ummat melalui upaya kesehatan, yaitu 3 rd International
Islamic Healthcare Conference And Expo (IHEX) yang diselenggarakan pada tanggal 27-29 Februari 2020 bertempat di Jakarta Convention Center.

Dalam kesempatan kali ini
mengambil tema “Mewujudkan SDM Kesehatan Unggul Dalam Mendukung Era Baru Pelayanan Kesehatan Bersyariah”. Acara 3rd IHEX 2020 merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya oleh MUKISI
dimana akan mempertemukan semua kalangan, mulai dari Praktisi, Akademisi, Peneliti, Pebisnis dan semua Stakeholder terkait.

Yang bertujuan untuk mendesiminasikan, mendiskusikan dan mengenalkan produk dan jasa halal dibidang Halal Healtcare di Indonesia dan upaya mewujudkan SDM kesehatan yang unggul dalam pelayanan kesehatan yang bersyariah serta upaya konsolidasi dan kolaborasi potensi ummat.

Diharapkan peserta yang mengikuti acara 3rd IHEX 2020 ini sebanyak 2.000 lebih dari seluruh Nusantara.
Pada kesempatan 3rd IHEX 2020 ini mengangkat isu yang merupakan isu fundamental dalam membangun peradaban yaitu tentang sumber daya manusia.

Dikemas dalam beberapa
agenda program kegiatan, yaitu :

Seminar Internasional Rumah Sakit Syariah.
Menghadirkan narasumber dari dalam dan luar negeri, bukan hanya dari lingkup praktisi bidang kesehatan namun juga dari area akademisi dan praktisi bidang yang lainnya, sehingga peserta dapat mendiskusikan topik rumah sakit syariah dalam konteks mengkonsolidasikan dan mengkolaborasikan potensi ummat dalam skala nasional dan internasional.

Workshop Rumah Sakit Syariah.
Menghadirkan narasumber yang akan berbagi pengetahuan serta langkah praktis dalam menerapkan beberapa aspek di rumah sakit syariah, dalam konteks menyiapkan rumah sakit untuk mendapatkan sertifikasi rumah sakit syariah serta mengkolaborasikan potensi
ummat. Terdapat 7-8 jenis Workshop Rumah Sakit Syariah yang akan dilaksanakan.

Pameran Islamic Healthcare & Halal Products. Mencakup pameran alat kesehatan, obat, serta industri lainnya yang relevan dengan pelayanan kesehatan dan produk halal, berasal dari dalam maupun luar negeri, sehingga peserta dapat mengetahui perkembangan teknologi kesehatan dan produk halal terkini.
Telah disiapkan sebanyak 128 both pameran.

Pertemuan Tahunan IIMA (Indonesia Islamic Medical Association).
Menghadirkan 3 organisasi kesehatan islam yang dipayungi oleh IIMA dan berafiliasi ke FIMA (Federatioan Islamic Medical Association), yaitu MUKISI (Majelis Upaya Kesehatan
Islam Seluruh Indonesia), FOKI (Forum Kedokteran Islam Indonesia) dan PROKAMI (Perhimpunan Profesi Kesehatan Muslim Indonesia), bertemu dalam sebuah rapat tahunan
bersama agar terbangun agenda kolaborasi dalam melayani kesehatan ummat.

Rapat Kerja Nasional MUKISI. Mengundang seluruh Pengurus dan Anggota MUKISI dari wilayah dan Pusat.

Free Paper.
Diselenggarakan dalam rangka meningkatkan keilmuan dan pengembangan teknologi melalui hasil riset, guna mengembangakan nilai-nilai syariat Islam dibidang kesehatan dengan menghadirkan peserta dari dalam dan luar negeri.

MUKISI Award.
Ajang di 2nd International Islamic Healthcare Conference And Expo (IHEX) 2019 untuk pertama kalinya memberikan penghargaan kepada rumah sakit yang terus mengembangkan penerapan eleman dalam standar instrumen rumah sakit syariah.

Healthcare Job Fair
Untuk pertama kalinya digelar dalam IHEX, sebagai bagian dari ikhtiar kami menjembatani antara kebutuhan akan SDM unggul di rumah sakit syariah dan kebutuhan masyarakat serta institusi pendidikan kesehatan akan lapangan kerja yang kondusif.

comments

LEAVE A REPLY