Mayoritas Warga Arab Nilai Israel, Amerika Serikat dan Iran Sebagai Ancaman Terbesar Keamanan Nasional Mereka

32

Lensaislam.com : Hasil survei terbaru yang diterbitkan oleh Arab Centre for Research and Policy Studies mengungkapkan bahwa mayoritas warga Arab menilai Israel, Amerika Serikat dan Iran sebagai ancaman terbesar bagi keamanan nasional mereka.

Survei dilakukan terhadap 18.000 responden melalui wawancara tatap muka langsung di 11 negara-negara Arab (Arab Saudi, Kuwait, Irak, Yordania, Palestina, Lebanon, Mesir, Sudan, Tunisia, Maroko dan Mauritania), seperti dilansir dari Middle East Monitor, Sabtu, (14/7/2018).

Hasil survei menunjukkan bahwa 75 persen orang Arab mengatakan Israel sebagai ancaman terbesar bagi keamanan nasional mereka, setelah itu diikuti oleh Amerika Serikat dan Iran.

Berdasarkan hasil survei : “90 persen responden mengatakan bahwa Israel sebagai sumber utama ketidakstabilan di Timur Tengah dan tidak menyetujui berbagai perjanjian damai yang ditandatangani antara negara-negara Arab dan Israel, termasuk Persetujuan Oslo, Perjanjian Camp David dan Perjanjian Wadi Araba antara Israel dan Yordania.”

“87 persen warga Arab tidak menyetujui jika negara mereka mengakui Israel, dengan hanya 8 persen saja yang menerima pengakuan diplomatik formal. Ketika diminta untuk membenarkan alasan mereka untuk penolakan ini, hampir 32 persen menyatakan bahwa Israel adalah negara penjajah yang menduduki tanah Palestina. (DH/MTD)

Sumber : Middle East Monitor | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here