Luhut: Sejujurnya UU Cipta Kerja itu Ide Saya

280

Lensaislam.com : Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku sebagai penggagas UU Cipta Kerja. Luhut mengatakan UU itu diperlukan untuk mengurai aturan birokrasi yang tumpang tindih.

“Sejujurnya, UU Cipta Kerja itu ide saya saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Hukum, Politik dan Keamanan,” kata Luhut, seperti dilansir dari The Jakarta Post, Sabtu, (24/10/2020).

“Menurut saya, lusinan peraturan negara ini kacau balau. Investasi tidak bisa berjalan mulus,” ungkap Luhut seraya menambahkan bahwa birokrasi yang ada juga mendorong munculnya korupsi.

Luhut mengatakan, saat itu dia telah membahas rencana omnibus law dengan Menteri Koordinator Hukum, Politik, dan Keamanan Mahfud MD, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Indriyanto Seno Adji dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat itu. Menteri Agraria dan Tata Ruang saat ini Sofyan Djalil.

“Karena satu dan lain hal, pembahasan tidak dilanjutkan sampai tahun lalu ketika presiden mulai membicarakannya lagi. Jadi undang-undang ketenagakerjaan telah melalui proses yang panjang. Itu tidak terjadi dalam semalam,” tambahnya.

Pengesahan UU Cipta Kerja yang menurut para kritikus dapat merusak hak-hak tenaga kerja dan perlindungan lingkungan telah memicu gelombang protes di berbagai daerah di Indonesia. (DH/MTD)

Sumber : The Jakarta Post | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY